Misteri Vila Gunung Riung Puncak yang Disebut Sebagai Lokasi Petilasan Soekarno, Begini Kondisinya yang Terbengkalai hingga Ditutupi Pepohonan Rimbun

Selasa, 08 September 2020 | 08:00
Kolase Twitter @agunghilman_ & Dokumen arsip KOMPAS.COM

Konon Jadi Petilasan Soekarno yang Rela Disambangi sang Presiden Naik Helikopter, Inilah Misteri Vila Riung Gunung Puncak yang Kini Kondisinya Terbengkalai dan Ditutupi Pepohonan Rimbun

Gridhype.id– Vila Gunung Riung Puncak, menjadi salah satu tempat yang dipercayai sebagai petilasan presidan RI pertama, Presiden Soekarno.

Vila yang terletak di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini dilengkapi dengan rest area yang luas, yakni sekitas 100x300 meter sebagai lhan parkir serta lokasi berjualan.

Para pedagang di rest area tersebut juga sudah hapal betul kisah vila Soekarno.

Baca Juga: Berbeda dengan Menteri Saat ini yang Dapat Fasilitas Mewah dari Negara, Ir Sutami Justru Dijuluki Sebagai Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto, Begini Kehidupan Sesungguhnya yang Sederhana

Salah satunya adalah Dahlan (68) yang mengatakan jika cerita vila sebagai petilasan Soekarno memang benar adanya.

Ia mengaku mendengar cerita kedatangan Soekarno ke kawasan tersebut berdasarkan cerita dari orang tua dulu.

"Ia Pak Karno suka ke sini, terus parkir helikopter di sini (rest area), vilanya itu sebelah atas," ujar Dahlan kepada TribunnewsBogor.com sambil menunjuk ke arah bukit seberang rest area beberapa waktu lalu.

Menurut pantauan TeribunnewsBogor.com, di bukit tersebut terdapat bangunan putih namun vila tersebut tertutupi oleh rimbunnya pepohonan dan rumput.

Di bawahnya juga terdapat sebuah tangga untuk memasukinya dari Jalan Raya Puncak di mana di tangga tersebut tertulis ‘Riung Gunung’.

Baca Juga: Bukan Fatmawati, Detik-Detik Terakhir Hidup Soekarno Justru Ditemani Oleh Sosok Wanita ini

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy

Penampakan tangga vila Petilasan Soekarno di Riung Gunung, Puncak, Kabupaten Bogor

Dahlan mengatakan bahwa dari rest area, Soekarno kerap berjalan dan menaiki tangga itu untuk memasuki vila tersebut.

"Itu emang cerita orang-orang, orang tua, itu vila betul Pak Karno punya, kalo keluarganya saya enggak pernah lihat datang berkunjung," katanya.

Meski cerita yang beredar di masyarakat sekitar, bangunan itu adalah vila Soerkano, namun Wawan penjaga vila tidak bisa memastikan hal itu.

Baca Juga: Viral Video Tim Medis China Berada di Bandara Soekarno Hatta, Begini Penjelasan Pihak Imigrasi

Wawan mengaku tidak bisa memastikan bahwa itu adalah vila Soekarno atau bukan karena ia belum pernah mendengar langsung dari pemilik vila sekarang terkait hubungannya dengan Soekarno.

"Kalau soal ini vila Soekarno, menurut informasi, cerita-cerita katanya begitu, tapi saya gak tahu pasti, yang saya tahu vila ini yang punyanya sekarang adalah H. Abdul Aziz Marzuki," ungkap Wawan.

Bangunan di balik pepohonan Puncak baru-baru ini ramai diperbincangkan di media sosial Twitter.

Bangunan tersebut tepatnya terletak di kawasan Riung Gunung, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Belum lama ini, bangunan tersebut mendadak jadi perbincangan hangat pengguna Twitter.

Baca Juga: Kisah Bung Karno yang Ditembak dari Jarak 7 Meter Saat Salat Namun Meleset, Sang Penembak Berikan Pengakuan Mengejutkan

Hal itu bermula ketika seorang pengguna Twitter mengunggah dua foto yang memperlihatkan suasana kawasan Riung Gunung.

Twitter @agunghilman_

Penampakan tangga vila Petilasan Soekarno di Riung Gunung, Puncak, Kabupaten Bogor yang viral di Twitter

Baca Juga: Frederik Kiran Soekarno Seegers, Remaja Bule ini Ternyata Masih Punya Darah Soekarno yang Mengalir di Dalamnya

Foto pertama tampak mengggambarkan suasana kawasan Riung Gunung Puncak tempo dulu, sedangkan foto kedua memperlihatkan kawasan Riung Gunung Puncak saat ini.

Kedua foto tersebut memang terbilang mirip, namun satu yang membedakan adalah bangunan tersebut kini tidak begitu terlihat lagi dari kejauhan.

Bangunan tersebut kini tampak tertutup pohon-pohon yang tumbuh di tepi Jalur Puncak itu.

Baca Juga: Lempengan Mirip Emas Bergambar Wajah Soekarno Sempat Bikin Heboh Warga Bone, Penemunya Sebut dapat Petunjuk ini Lewat Mimpi

Sementara itu dalam keterangan postingannya, ia menjelaskan bahwa jembatan yang terdapat di Riung Gunung itu merupakan akses menuju bangunan tersebut.

Seperti diketahui bahwa kawasan Riung Gunung ini memang bisa dikatakan identik dengan jembatan berukuran kecil itu.

Sontak cuitannya itu pun langsung menyita perhatian pengguna Twitter lantaran hingga berita ini ditulis telah diretweet lebih dari 10 ribu kali dan mendapat hingga 15 ribu like.

Artikel ini telah tayang di Tribun Jakarta dengan judulKisah Turun Temurun Vila Soekarno di Puncak, Tertutup Banyaknya Pohon, Begini Penampakannya

(*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : tribun bogor, Tribun Jakarta

Baca Lainnya