5 Manfaat Air Rebusan Daun Pandan yang Jarang Diketahui, Yuk Cobain!

Senin, 07 September 2020 | 17:00
charinyaskitchen.com

Air rebusan daun pandan

GridHype.ID - Saat ini bahan alami memang tengah ramai jadi pembicaraan.Banyak yang berpendapat bahwa bahan alami tak hanya untuk pelengkap bumbu masakan saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit.Misalnya daun pandan yang direbus dengan air.Pasalnya, minum air rebusan daun pandan ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan loh jika rutin dikonsumsi.

Baca Juga: Tak Disangka Cuma Rutin Minum Air Rebusan Daun Pandan Bisa Cegah 3 Penyakit Mematikan IniSeperti yang diketahui, daun pandan biasanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan dan membuatnya semakin terasa wangi dan lezat.Tak hanya itu, daun pandan juga sering kali dipakai untuk membuat kue.Tapi tahukah kamu kalau daun pandan punya manfaat lebih dari sekadar bumbu dapur?Siapa sangka, daun pandan bisa mengatasi beragam penyakit.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 4 Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh Hilangkan Uban di Rambut, Dijamin Tak Merusak Kulit KepalaBagi masyarakat Indonesia, daun pandan pasti sudah tak asing lagi bukan di mata kalian?Daun pandan biasa digunakan untuk pewarna ataupun bahan makanan lainnya.Aroma wangi daun padan juga menjadi salah satu daya tarik daun pandan disukai oleh masyarakat Indonesia.Tak cuma itu saja, daun pandan bisa mengatasi penyakit mematikan.

Baca Juga: Bukannya Bikin Tambah Kinclong, Penggunaan Masker dengan Bahan Alami Ini Perlu Diwaspadai, Hati-hati!Manfaat daun pandanAroma harum yang khas ini terasa kuat ketika daunnya masih cukup segar atau agak kering.Selain sebagai pengharum kue, daun pandan juga dipakai sebagai sumber warna hijau bagi makanan (selain daun suji).Daun pandan bisa digunakan sebagai komponen hiasan penyajian makanan, dan juga sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan (dironce) untuk mengharumkan ruangan.Daun pandan termasuk jenis tumbuhan monoktil dari famili Pandanaceae.

Baca Juga: Patut Dicoba! Ganti Sabun Cuci Piring dengan Bahan Alami Ini, Manfaatnya Bisa Langsung Terlihat!Memiliki aroma wangi khas, daun pandan biasanya dipakai untuk masakan tradisional Indonesia dan negara-negara di Asia.Daun pandan mengandung tonikum, penambah nafsu makan, dan penenang.Untuk kesehatan, daun pandan memiliki sederet manfaat untuk lemah saraf menghitamkan rambut, mengurangi ketombe, rematik dan pegal linu.Selain untuk aroma yang harum dan kuat, daun pandan ini juga untuk pewarna hijau alami pada makanan selain daun suji.

Baca Juga: Nggak Perlu Stres Hadapi Masalah Kulit, Pakai Bahan Alami Ini Dijamin Ampuh Atasi Kepala Gatal dan KetombeTernyata daun pandan mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh.Tidak banyak orang tahun rajin mengkonsumsi air rebusan daun pandan memiliki khasiat untuk tubuh.Mengutip dari Grid.id, berikut manfaat rebusan daun pandan jika dikonsumsi rutin:

Baca Juga: Gak Perlu Khawatir Dompet Jebol, Bahan Alami Ini Mampu Cerahkan Bagian Siku dan Lutut yang Hitam1. Mengatasi diareDaun pandan mengandung antibakteri dan antimikroba. Kedua kandungan ini bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi yang terjadi pada lambung, termasuk saat sedang mengalami diare.Caranya: minum rebusan air pandan setiap pagi dan sore hari hingga keadaan membaik.2. Menyembuhkan demamSifat antibakteria pada daun pandan dapat mengatasi infeksi demam dalam tubuh.Caranya taruh 2 sampai 3 lembar daun pandan di dua gelas air mendidih kemudian saring.Minum sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga: Ampuh Atasi Rambut Rontok, 4 Bahan Alami Ini Dijamin Efektif dan Patut Dicoba3. Menurunkan tekanan darah tinggiDarah tinggi masih penjadi penyakit mematikan nomor satu di dunia versi WHO.Caranya yaitu masukkan 2-3 gelas air ke dalam panci, tambahkan 3 gram daun pandan, masak hingga mendidih hingga airnya berkurang setengah.Minum ramuan ini dua kali sehari, pada pagi dan sore hari secara rutin.

Baca Juga: Patut Dicoba, Sederet Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bercak pada Wajah Hanya Dalam 3 Malam Saja

4. Mengatasi insomniaSenyawa alkaloid yang terkandung dalam daun pandan bisa menyembuhkan insomnia atau kesulitan tidur.Ambil beberapa lembar daun pandan, seduh dengan air mendidih.Tambahkan satu sendok makan madu, lalu minumlah selagi hangat.

Baca Juga: Selain Alkohol Bahan Alami Ini Bisa Digunakan untuk Membuat Hand Sanitizer, Begini Caranya

5. Meredakan rasa cemasDaun pandan juga memiliki efek menenangkan untuk tubuh.Jika rutin meminum rebusan air pandan dan meringankan gejala cemas yang sering dialami.Caranya ambil 3-5 daun pandan, potong-potong menjadi irisan tipis, masukkan ke dalam air mendidih.Artikel ini telah tayang di GridHits.ID dengan judul Manfaatnya Tak Main-main! Coba Mulai Hari Ini Rutin Minum Air Rebusan Daun Pandan di Pagi dan Sore Hari (*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya