Lontarkan Kritik Soal Bau Ketiak, Revina VT Banjir Hujatan Netizen, Pakar Komentari Perilaku sang Selebgram

Jumat, 04 September 2020 | 10:00
instagram.com/revinavt

Revina VT Dikecam Usai Dianggap Body Shaming

GridHype.ID - Baru-baru ini, netizen tengah ramai memperbincangkan seorang selebgram cantik di media sosial.

Selebgram tersebut adalah Revina VT, bukan pujian yang ia dapatkan malah hujatan netizen.

Bahkan nama Revina VT sampai jadi trending topik di Twitter.

Baca Juga: Revina VT Bongkar Kasus Psikolog Dedy Susanto, Niat Lakukan Sesi Terapi Malah Diajak ke Kamar Hotel

Hal ini karena Revina membuat geram banyak netizen usai melontarkan kritik pedas terhadap seorang perempuan yang bau ketiak di sebuah cuitannya, di Twitter.

Pakar studi jender dan budaya dari Universitas Sebelas Maret, Sri Kusumo Habsari, PhD, mengungkap, bahwa sebenarnya body shaming telah menjadi bagian kehidupan perempuan sejak dulu.

“Tradisi perempuan suka mengomentari tubuh perempuan lain itu sudah sejak lama kok. Jadi sebenarnya, tidak perlu ditanggapi,” ujar Sri pada Kompas.com (3/9/2020).

Baca Juga: Lamanya Proses Penerimaan Hasil Tes Virus Corona, Bill Gates Kritik Pedas Kebijakan Pemerintah Amerika Serikat Soal Penanganan Covid-19

Menurutnya, yang menjadi masalah saat ini adalah semakin banyak orang yang menganggap tubuh adalah segalanya.

Padahal, di luar itu masih ada jiwa, batin, kecerdasan, dan kebijaksanaan yang sebenarnya lebih penting dari tubuh ideal.

“Seandainya para perempuan menyadari bahwa tubuh itu usianya sangat pendek, dan menyadari bahwa ada kesehatan yang lebih penting atau kemampuan untuk lebih produktif, tentu tidak akan memikirkan hal seperti ini,” jelasnya.

Baca Juga: Belum Juga Permasalahan Baim Wong Selesai, Kini Sang Istri yang Jadi Bulan-bulanan Netizen, Paula Verhoeven Tampil Santun Berkerudung Justru Kena Kritik Pedas Netizen

“Karena itu, penting bagi para perempuan untuk mengembangkan mind daripada body. Otak semakin diasah semakin berkembang dan bijaksana, jika dibandingkan tubuh yang seiring usia memang akan mengalami penurunan.”

Sayangnya, menurut Sri, kondisi masyarakat saat ini dalam fenomena society of spectacle, di mana masyarakat senang ditonton dan menonton.

“Kenapa ada orang mengkritik penampilan orang lain? Ya kemungkinan untuk menarik perhatian orang. Dia melakukan itu untuk popularitas. Semakin kontroversial justru semakin ramai akunnya,” kata Sri.

Baca Juga: Dituding Unggah Foto Tanpa Bra, Marshanda Dihujani Kritik Pedas oleh Netizen

“Meskipun orang-orang memberikan respons negatif untuknya ya, tetapi itu berarti dia mendapatkan perhatian dari orang lain,” imbuhnya.

Di sisi lain, Sri mengakui bahwa para perempuan memang memiliki kecenderungan mendengarkan komentar orang lain.

Tapi, ia menekankan ketika perempuan memiliki keyakinan bahwa ada hal yang lebih baik di dalam dirinya melebihi penampilan fisiknya, maka seburuk apapun komentar orang lain tak lagi menjadi masalah.

Baca Juga: Pakai Baju Rancangan Desainer Ternama, Mulan Jameela Malah Kena Kritik Pedas Pengamat Fashion Caren Delano

“Intinya, sesuatu yang tidak positif tidak perlu ditanggapi. Cuekin saja,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Revina VT Dikecam Warganet karena Sebut Ketiak Hitam, Pengamat Minta Tak Usah Direspons: Cuekin

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Tribunwow.com

Baca Lainnya