Angin Segar di Tengah Pandemi, Pemerintah Perpanjang Pemberian Subsidi Listrik 100 Persen untuk Golongan 450 VA Sampai Bulan Desember

Senin, 24 Agustus 2020 | 17:30
Tribunnews.com

Listrik gratis 3 bulan nonstop buat bikers pelanggan 450 VA, PLN juga tebar diskon sampai 50 persen.

GridHype.ID - Kabar gembira bagi kalian yang memiliki listrik golongan 450 VA.

Kali ini, pemerintah memperpanjang pemberian subsidi listrik 100 persen bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga Desember 2020.

Semula penggratisan listrik ini dicanangkan hanya sampai September 2020.

Baca Juga: Berbeda dengan Menteri Saat ini yang Dapat Fasilitas Mewah dari Negara, Ir Sutami Justru Dijuluki Sebagai Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto, Begini Kehidupan Sesungguhnya yang Sederhana

Namun, melihat kondisi pandemi Covid-19 yang terus berlangsung, perpanjangan pun diberikan.

Subsidi listrik ini diberikan pada mereka pelanggan PLN pelaku bisnis atau industri kecil dengan pemasangan daya listrik 450 VA, baik golongan B1 450 VA maupun I1 450 VA.

Hal ini disampaikan PLN melalui akun Twitter @_pln_id, Sabtu (22/8/2020).

Baca Juga: Bakal Berlangsung Selama 7 Jam, Pemadaman Listrik Bergilir Terjadi Di Beberapa Daerah di Jawa Barat

"Mendukung roda perekonomian UMKM di masa Pandemi, Pemerintah memperpanjang stimulus keringanan tagihan listrik hingga Desember 2020. Keringanan ini berlaku bagi pelanggan Bisnis kecil daya 450VA dan Industri kecil daya 450VA dengan diskon 100% #PowerBeyondGenerations," tulis twit tersebut.

Baca Juga: PLN Jawa Barat Informasikan Pemadaman Listrik Selama 7 Jam, Simak Daerah Mana Saja yang Kena Dampak!

Dalam unggahan selanjutnya, PLN menyatakan siap untuk mendukung program tersebut.

Seluruh pelanggan yang berhak mendapatkan pembebasan tagihan maupun diskon sudah dimasukkan dalam sistem sejak pemberian Stimulus Covid-19 sebelumnya.

Data lama

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi, menyebut data lama otomatis akan digunakan dalam program ini.

Baca Juga: Kerap Bela Kebijakan Jokowi, Kini Tompi Kritik Habis-habisan Usai Lihat Tagihan Listriknya Naik Sampai Sebut PLN Menggila

"Untuk penerima subsidi listrik B1450 VA (dan I1 450 VA) perpanjangan akan tersistem secara otomatis hingga bulan Desember," kata Agung saat dihubungi Senin (24/8/2020).

Penerima subsidi ini tidak akan dikenakan biaya tambahan apa pun, karena program ini datang dari pemerintah.

Mengingat program yang merupakan perpanjangan, PLN mengaku optimistis pemberian stimulus tidak akan mengalami kendala, baik dari sisi waktu penyiapan maupun teknis pelaksanaan.

Baca Juga: Patut Dicoba! Lakukan Langkah Berikut Agar Tagihan Listrik Tak Membludak

PLN juga memastikan stimulus akan disalurkan dengan tepat waktu dan tepat sasaran, sesuai dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kemensos," tulis salah satu twit PLN.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Program Listrik Gratis untuk UMKM Pelanggan 450 VA Diperpanjang Hingga Desember 2020

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya