Bukan Pertikaian China vs AS, Laut China Selatan Kembali Tegang hingga Panasnya Hubungan Diplomatik Malaysia dan Vietnam

Rabu, 19 Agustus 2020 | 16:00
Pixabay

Ilustrasi nelayan

GridHype.ID - Lagi-lagi ketegangan di Laut China Selatan terjadi.

Kali ini, penjaga pantai Malaysia menembak mati seorang nelayan Vietnam, yang kapalnya menabrak kapal patroli di Laut China Selatan.

Peristiwa ini terjadipada Minggu malam usai penjaga pantai Malaysia berusaha memeriksa dua kapal di perairan timur Kelantan yang dianggap terlibat dalam penangkapan ikan ilegal.

Baca Juga: Gara-gara Hal Ini Amerika Serikat Siap Pindahkan Medan Pertempuran ke Sungai Mekong, Demi Lawan Kekuatan China

19 awak kapal Vietnam di atas dua kapal "bertindak agresif" dan melemparkan "bom diesel" ketika mereka diperintahkan untuk menyerah, kata penjaga pantai Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Sebuah tembakan peringatan juga ditembakkan tetapi diabaikan, menurut Direktur Penjaga Pantai Kelantan Muhd ​​Nur Syam Asmawie Yaacob.

Kepala penjaga pantai Mohamad Zubil Mat Som mengatakan kepada AFP bahwa anak buahnya “tidak punya pilihan selain melepaskan tembakan untuk membela diri”, menambahkan bahwa mereka melakukannya “untuk melindungi hidup mereka dan untuk melindungi kedaulatan nasional kita”.

Baca Juga: Dubes Tiongkok untuk Filipina Beri Peringatan Ini ke Negara Asia Tenggara, Sebut Upaya AS Sabotase Stabilitas Wilayah Laut China Selatan

Seorang nelayan Vietnam menderita luka tembak dan dinyatakan meninggal setelah dibawa ke pantai.

Para analis pada hari Selasa mengatakan bahwa Malaysia dan Vietnam harus segera bergegas untuk membersihkan perairan mereka dari penangkapan ikan ilegal, ketika Vietnam menekan Malaysia untuk mendapatkan jawaban setelah insiden tersebut.

Pada Senin malam, Vietnam mengatakan telah menghubungi Malaysia atas insiden itu dan meminta pejabatnya untuk menyelidiki kematian tersebut dan melindungi hak-hak nelayan lain yang ditahan.

Baca Juga: Kelakuan Tiongkok Buat Kawasan Asia Pasifik Meradang, Amerika Serikat : Dunia Tidak akan Biarkan

Analis telah menyuarakan keprihatinan atas implikasi insiden tersebut terhadap hubungan negara-negara ASEAN - serta hubungan kawasan dengan China, yang dituding melakukan penangkapan ikan di perairan Vietnam.

Melansir SCMP, Selasa (18/8/2020), Collin Koh, seorang peneliti di S Rajaratnam School of International Studies di Singapura, mengatakan bahwa "Vietnam memang perlu mengendalikan komunitas nelayannya".

"Sebelumnya sudah ada tanda-tanda peringatan yang mengarah ke insiden terbaru dan paling serius ini," katanya.

Baca Juga: Demi Hindari Klaim Tiongkok, Indonesia Ganti Nama Laut China Selatan Jadi Laut Natuna Utara!

“Baru September lalu ada perselisihan antara patroli penangkapan ikan Malaysia dan Vietnam di lepas pantai Terengganu. Orang juga harus ingat bahwa (Hanoi) masih berusaha agar Uni Eropa menghapus kartu kuningnya (yellow card) karena penangkapan ikan ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur karena alasan seperti itu. "

Negara tetangga Thailand juga telah terpengaruh, kata Koh, dengan serentetan laporan baru-baru ini tentang pasukan maritim Thailand yang menangkap kapal-kapal penangkap ikan Vietnam.

Laut China Selatan penuh dengan penangkapan ikan ilegal, dan Vietnam serta China - dengan industri perikanan mereka yang lebih berkembang - dianggap sebagai pelaku utama.

Baca Juga: Memanas, Pejabat ASEAN Murka Bila Medan Pertempuran Amerika Serikat dan China Meletus di Asia Tenggara

Vietnam telah menerima penegakan hukum terhadap penangkapan ikan ilegal oleh China, dengan sebuah kapal pengiriman Vietnam tenggelam pada bulan April setelah bertabrakan dengan kapal penjaga pantai China.

Insiden seperti yang terjadi pada hari Minggu, yang dapat berdampak negatif pada hubungan Malaysia-Vietnam, menjadi gangguan ketika ada hal-hal lebih penting untuk diperhatikan berkaitan dengan Sengketa Laut China Selatan, menurut Koh.

Insiden itu, kata para analis, juga berfungsi sebagai pengingat bahwa banyak negara penggugat Asia Tenggara memiliki masalah luar biasa yang harus diselesaikan.

Baca Juga: Tiongkok Respon Surat Diplomatik Atas Sengketa Wilayah di Laut China Selatan, Menlu : Posisi Indonesia Sudah Sangat Jelas dan Konsisten

“Mungkin akan lebih membantu jika masalah intra-Asean ditangani dengan benar terlebih dahulu untuk mendorong kerja sama di bagian depan Laut China Selatan di masa depan,” kata Koh.

"Tanpa hal tersebut, itu hanya akan berkontribusi pada kelanjutan hubungan di Asean - sebuah blok yang sarat dengan perbedaan intramuralnya sendiri, sehingga membuatnya lebih terbuka untuk pemotongan salami oleh Beijing."

Penangkapan ikan ilegal, tidak diatur, dan tidak dilaporkan yang merajalela adalah salah satu alasan mengapa Malaysia lambat bergerak maju dalam hal mengelola keamanan maritim regional, kata Hoo Chiew Ping dari Program Studi Strategis dan Hubungan Internasional di Universitas Nasional Malaysia.

Baca Juga: Kembali Bersitegang, Militer China Sebut AS Sebagai Pembuat Onar, Ternyata Ini Penyebabnya

"Penting bagi negara-negara Asia Tenggara untuk menyelesaikan sengketa daerah penangkapan ikan secara bilateral atau multilateral jika kawasan tersebut disengketakan oleh lebih dari satu pihak. Vietnam dan Malaysia bisa mengadopsi pendekatan yang lebih berdamai dengan bernegosiasi secara bilateral untuk menyelesaikan masalah perikanan," katanya.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Belum Selesai Urusi China yang Kemaruk di Laut China Selatan, Hubungan Vietnam-Malaysia Justru Semakin Memanas Setelah Nelayan Vietnam Ditembak Mati

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya