Nelangsa Sandang Status Lajang hingga Kesepian di Tengah Pandemi, Begini Nasihat Ahli Buat Para Jomblo!

Minggu, 16 Agustus 2020 | 08:00
freepik.com

Ilustrasi Kesepian

GridHype.ID - Segala sesuatu yang terjadi di tengah pandemi covid-19 seperti saat ini memang terasa menyusahkan.

Susah bagi kita untuk keluar rumah dan menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman seperti biasanya.

Apalagi jika menyandang status jomblo atau lajang.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Permukaan Teflon Rusak Ternyata Picu Risiko Mengerikan Sampai Sebabkan Kanker, Begini Cara Aman Gunakannya

Seseorang yang menyandang status lajang memang erat kaitannya dengan perasaan kesepian.

Apakah kamu yang jomblo juga mengalami perasaan kesepian ini?

Apalagi, jika teman-temanmu sibuk bersama pasangan atau keluarga kecilnya.

Tetapi sebelum kamu putus asa dan mencari pasangan tanpa perhitungan di aplikasi dating, sebaiknya pahami dulu beberapa nasihat ahli berikut ini:

Baca Juga: Bikin Naik Darah, Gading Marten Blak-blakan Ingin Gampar Sosok Ini yang Berani 'Rebut' Gisella Anastasia, Andhika Pratama: Viralin...

1. Kamu sudah hidup mandiri begitu lama, jadi kamu akan baik-baik saja jika harus menyendiri untuk waktu yang lebih lama

Jika ada satu hal yang dapat diajarkan oleh kita sendiri, itu adalah kemandirian.

Mungkin memang stigma makan sendirian di ruang publik masih memengaruhi banyak orang.

Namun kebanyakan wanita lajang di luar sana, tidak masalah dengan makan sendirian.

Baca Juga: Ajukan Penangguhan Penahanan, Ayah Jerinx Tak Tega Lihat Sang Anak Mendekam di Penjara, Terkuak Alasan di Baliknya

Dan kamu juga cenderung menetapkan tujuan dan rencanamu sendiri, ketimbang teman-temanmu yang harus meminta pendapat pasangannya.

"Para jomblo akan menyadari selama pandemi, bahwa sebenarnya mereka lebih mandiri daripada yang mereka pikirkan," kata seorang penasihat senior dari InContact Counseling & Training.

Di sisi lain, mereka yang telah hidup sendiri selama pandemi juga menghargai waktu tambahan yang mereka miliki untuk diri mereka sendiri.

Baca Juga: Terlihat Pucat dan Lebih Kurus, Penampilan Terbaru Alyssa Soebandono Malah Buat Netizen Khawatir dan Salah Fokus

2. Jangan hanya fokus mencari hubungan romantis

“Mereka yang masih lajang memutuskan untuk bertemu orang lain secara online dan menjalin hubungan,” kata seorang penasihat senior dari InContact Counseling & Training.

"Ini mungkin bisa berhasil untuk bagian awal dari hubungan mereka, tetapi mereka perlu menyadari bahwa elemen-elemen lain, seperti melibatkan panca indera, diperlukan agar hubungan tersebut berkembang lebih jauh,” imbuhnya.

Baca Juga: Dari YouTube Mampu Raup Pendapatan Fantastis hingga Rp 4,75 M, Ashanty Bongkar Pendapatan Nyanyi Dibagi Masing-masing

Dan sekarang kamu memiliki waktu luang tambahan, berhubungan kembali dengan teman lama (mantan kolega dan teman lama) bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga kesehatan mental.

Mengenang bagaimana tantangan masa lalu diatasi, dapat menghasilkan perspektif baru dari keberhasilan masa lalu untuk lebih memperkuat ketahanan dan kepercayaan diri seseorang.

3. Jangan lupa untuk meminta bantuan saat membutuhkannya

Menjadi lajang atau jomblo bukan berarti kamu harus sendirian.

Baca Juga: Selama Ini Pilih Bungkam, Afgan Akhirnya Buka Suara Terkait Kisah Asmaranya dengan Rossa

Saat kamu mulai merasa kesulitan menghadapi tantangan, kamu tidak perlu ragu untuk meminta bantuan.

InContact Counseling & Training menyarankan, jika kamu mengalami efek trauma atau perubahan seperti kehilangan pekerjaan atau kepergian orang terkasih, kamu bisa menemukan kelompok pendukung untuk membantumu melewati masa-masa sulit.

Selain itu, disarankan untuk tak terburu-buru berkomitmen pada suatu hubungan hanya karena kamu ingin keluar dari masalah saat ini.

Baca Juga: Cari Tahu Kepribadianmu Lewat Warna Pintu yang Ingin Kamu Buka, Dirimu Tipe Perhatian atau Pembelajar nih?

“Memang, perasaan tidak bisa bertemu dengan orang yang tepat selamanya mungkin telah meningkat selama pandemi,” kata salah satu penasihat senior dari InContact Counseling & Training.

"Tetapi jika kamu merasa cemas, kamu harus segera mencari bantuan profesional sebelum melakukan apa pun,” lanjutnya.

Artikel ini telah tayang di Stylo.ID dengan judul Sering Merasa Kesepian? Ini Nasihat Ahli Untuk Para Jomblo, Tak Perlu Terlalu Khawatir!

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Stylo.ID

Baca Lainnya