Jadi Satu Satunya Perusahaan Asuransi Asal Indonesia yang Dinominasikan, Allianz Life Indonesia Berhasil Raih Digital Transformation Award 2020 Sebagai Perusahaan Asuransi Digital Terkemuka di Asia

Selasa, 11 Agustus 2020 | 19:24
dok. Allianz Indonesia

Allianz Life Indonesia terus melakukan transformasi digital untuk menemukan kembali cara berinteraksi dengan mitra bisnis dan nasabah

Gridhype.id- Allianz Life Indonesia berhasil meraih penghargaan ‘Digital Transformation of the Year’ dalam acara 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards, pada 27 Juli 2020 lalu.

Kategori Transformasi digital sediri pertama kali diperkenalkan pada tahun ini, di mana Allianz Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi yang berasal dari Indonesia yang dinominasikan.

Finalis lainnya merupakan perusahaan asuransi yang berasal dari Malaysia, Taiwan dan Vietnam.

Pemenang 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards dipilih dari 250 nominasidari12 negara, yangtelah melalui proses penjurian dua tahap yang ketat dan transparan sertadiaudit oleh Ernst & Young.

dok. Allianz Life Indonesia

Allianz Life Indonesia menjadi pemenang kategori ‘Digital Transformation of the Year’ di The 5th Asia Trusted Life Agents & Advisers Awards 2020

Sementara seremoni penyerahan penghargaan dilakukan secara online dikarenakan pandemik Covid-19.

Panel juri sendiri terdiri dari 30 CEO, senior executives, ketua asosiasi dan pakar industri. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Asia Insurance Review dan Asia Advisers Network, dengan co-organizer LIMRA.

Penghargaan ‘Digital Transformation of The Year’ yang berhasil di raih Allianz Life Indonesia tak lain kerena Allianz Life Indonesia yang telah mendigitalisasi semua proses penjualan dan proses pengajuan klaim asuransi kesehatan sejak Oktober tahun lalu.

Transformasi ini dianggap sangat relevan dengan situasi dan kondisi saat ini, mengingat adanya pandemic Covid-19 yang mengaharuskan segala kegiatan untuk menjaga jarak fisik.

Allianz Life Indonesia sendiri dikenal dengan aplikasi digital sebagai tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan.

Asian young woman virtual happy hour meeting and talking online together with her mother in video conference with digital tablet for a online meeting in video call for social distancing.

Sejak diluncurkan pada Januari 2015 lalu, aplikasi tersebut telah berkembang dari tools untuk mengirimkan polis asuransi jiwa secara online menjadi pengalaman penjualan dan layanan secara digital yang menyeluruh (digital sales and service experience) yang dapat dimanfaatkan lebih dari 30.000 agen.

Jika proses aplikasi polis asuransi jiwa menggunakan kertas konvensional membutuhkan waktu lebih dari tujuh hari sejak pengajuan hingga penerbitan polis asuransi, Allianz Discover dapat memproses aplikasi lengkap hanya dalam waktu lima menit.

“Sekitar tiga tahun yang lalu, kami memulai transformasi digital untuk menemukan kembali cara kami berinteraksi dengan mitra bisnis dan nasabah kami,” kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia.

“Allianz Discover adalah inovasi digital yang menggabungkan perangkat tablet yang digunakan dalam proses penjualan, dengan berbagai layanan yang mendukung visi kami untuk hubungan jangka panjang dengan agen dan nasabah.”

“Di tengah himbauan untuk menjaga jarak fisik, digital tools menjadi lebih relevan dari sebelumnya – dan kami tidak akan berhenti di sini. Kami senantiasa beradaptasi dan berinvestasi dalam teknologi. "

“Penghargaan ini merupakan bukti dari semua kerja dan komitmen tim, yang akan memotivasi kami lebih jauh dalam perjalanan kami untuk memberikan perlindungan kepada lebih banyak lagi masayrakat Indonesia, serta menjadi perusahaan asuransi digital nomor satu di Indonesia,” tambahnya.

Para juri juga mencatat bahwa tools tersebut memberikan pengalaman luar biasa kepada nasabah, dimana tools ini menyediakan materi digital berkualitas yang disimpan di Allianz Discover Media Lounge dan fitur drag-and-drop yang memungkinkan kombinasi modul produk untuk dilihat.

Selain itu, input data dapat dilakukan secara offline, sehingga memungkinkan agen untuk beroperasi di daerah terpencil dengan konektivitas terbatas.

Fitur ini dipandang sangat sesuai untuk pasar Indonesia, dimana Allianz Life Indonesia menargetkan perlindungan asuransi bagi 150 juta calon Nasabah di seluruh penjuru negeri yang terdiri dari 17.000 pulau.

dok. Allianz Indonesia
dok. Allianz Indonesia

Berbagai inovasi digital yang disediakan Allianz Life Indonesia memberikan kontribusi signifikan dalam memberikan lebih banyak kenyamanan dan pengalaman unik bagi Nasabah Allianz Life Indonesia

Alianz Life Indonesia juga menyatakan melalui Allianz Discover, pengajuan secara digital telah meningkat dari 65% pada Desember 2018 menjadi 92% pada Desember 2019.

Sedangkan pembayaran digital juga meningkat dari 44 % menjadi 75 % dan rata-rata waktu penanganan bisnis baru meningkat hingga 99% lebih cepat.

Perusahaan lebih lanjut menggarisbawahi bahwa digitalisasi proses bisnis telah mencatatkan efisiensi sebesar EUR1,6 juta ($1,89 juta), sementara 370 pohon telah diselamatkan karena berkurangnya kebutuhan kertas.

Allianz Discover merupakan hasil dari inisiatif sebelumnya, Allianz Innovation Lab, sebuah area kerja yang agile di mana berbagai tim lintas fungsi bekerja bersama untuk memberikan solusi produk dan layanan inovatif bagi agen dan Pelanggan.

Inisiatif penting lainnya adalah Allianz eAZy Cover, yang menjadi jawaban dari kebutuhan agen dan nasabah untuk bertemu, yang sebelumnya harus dilakukan secara langsung.

Agen dapat menggunakan alat penjualan digital untuk memberikan konsultasi dengan nasabah tentang kebutuhan perlindungan mereka, sementara nasabah juga dapat melakukan verifikasi identitas mereka secara digital.

Selain itu, perusahaan juga menyediakan customer-centric tools, termasuk portal nasabah online eAZy Connect, dimana nasabah dapat mengakses informasi polis asuransi jiwa melalui portal yang dapat diakses via website Allianz Indonesia, dan mengajukan klaim asuransi kesehatan secara online dengan pembayaran klaim yang akan diproses dalam waktu 48 jam, jika semua syarat dan ketentuan sudah dilengkapi. (*)

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : press release Allianz Indonesia