Fakta Mencengangkan Terkait Ledakan di Beirut, Tahun 2015 Mossad Ungkap Rencana Lebanon Siapkan Amonium Nitrat untuk Serang Israel

Jumat, 07 Agustus 2020 | 12:00
via CNN

Ledakan di Beirut.

GridHype.ID - Ledakan dahsyat yang terjadi di Kota Beirut, Lebanon padaSelasa (4/8) menjadi sorotan dunia.

Sebuah sumber mengatakan bahwa ledakan dahsyatdi Beirut terjadi bukan disebabkan oleh sebuah serangan.

Namun, ledakan tersebut berasal dari amonium nitrat yang disimpan di gudang di Kota Beirut.

Namun, sumber dari mana amonium nitrat itu berasal masih menjadi misteri, karena presiden Lebanon mengaku tidak pernah menyimpan benda sebanyak 2.700 ton tersebut.

Baca Juga: Gampang, Noda Darah Menstruasi di Pakaian Dalam Bisa Langsung Hilang dengan Cara ini, Coba Yuk!

Sementara laporan menyebut, ledakan itu murni sebuah kecelakaan bukan sebuah serangan meski diketahui bahwa Timur Tengah khusunya wilayah Lebanon sedang dalam gejolak perang.

Namun, jika menukil data pada tahun 2015 jika dikaitkan dengan insiden di Beirut, ada sebuah fakta yang cukup menggemparkan.

Seperti diwartakan oleh Times of Israel pada 2019, pejabat intel Israel mengatakan cache amonium nitrat ditemukan tahun 2015 di London.

Baca Juga: Mengenal 'Suku Tikus' di Beijing yang Tinggal di Bawah Tanah Secara Ilegal Jumlahnya Mencapai Satu Juta Orang

Selama empat setengah tahun, badan Intelijen Israel Mossad dengan kelompok Hizbullah Lebanon memang dikenal musuh bebuyutan.

Namun, agen mata-mata Mossad mengungkap upaya Hizbullah membangun gudang bahan peledak dari Thailand ke New York.

Cache terbesar mengandung tiga ton amonium nitrat, bahan utama untuk beberapa jenis peledak.

Baca Juga: Dokter Reisa Broto Asmoro Sebut Jika Kolam Renang Sudah Bisa Dibuka Kembali, Simak 4 Tips Aman Berenang Ditengah Pandemi Covid-19

Salah satunya ditemukan di London tahun 2015 di empat lokasi dan berhasil digrebek oleh Polisi Metropolitan pada September 2015.

Selain itu, terungkap juga beberapa tempat lain yang ditanam oleh Hezbullah di Siprus, Thailand dan tiga negara Eropa lainnya.

Menurut laporan itu, rencana Hizbullah adalah membangun infrastruktur di London sebagai persiapan untuk serangan di masa depan, lapor Daily Telegraph.

Laporan itu dikonfirmasi SAS Inggris, AS, dan Siprus yang menyatakan badan Intelijen asing rahasia mengungkapkannya pada MI5 Inggris.

Baca Juga: Beberkan Perjalanan Cintanya dengan Sang Istri, Rizky Kinos Ungkap Dirinya Masih Berstatus Cowok Orang saat Gencar PDKT ke Nycta Gina, Simak Kisah Kocaknya

Lalu polisi metropolitan menggerebek lokasi yang disebutkan tersebut.

Tahun 2019, laporan yang ditulis oleh Times of Israel itu mengatakan bahwa peringatan itu datang dari agen mata-mata Mossad, Israel.

Pejabat intelijen Israel menyebutkan laporan rinci upaya Hizbullah yang disimpulkan polisi berada di London, Siprus, dan Thailand, yang mengarah pada aset Israel di negara tersebut.

"Hizbullah sedang merencanakan untuk membalas dendam, apakah untuk serangan ke Israel, telah membentuk jaringan cache terbesar untuk bahan peledak canggih," lapor pejabat intelijen itu.

Baca Juga: Tak Jelas Motifnya, Seorang Perempuan Sengaja Masukan Masker ke Celana dan Dikembalikan Lagi dalam Kotak, Eko Patrio: Banyak Orang Sakit Jiwa

Mossad sendiri mengatakan tahun 2014 sudah menyelidikan rencana besar Unit 910 Hizbullah, yang bertanggung jawab atas operasi luar negeri kelompok itu.

Informasi Mossad memungkinkan pihak berwenang Thailand menemukan lokasi itu dengan penangkapan operasi Hizbullah Hussein Abdullah di Siprus, di ruang bawah tanah dengan 1 ton amoniun nitrat.

Menurut sumber Israel, mengatakan Hizbullah merencanakan serangan jangka panjang dan besar-besaran untuk mengubah permainan.

Baca Juga: 3 Kebiasaan di Pagi Hari ini Sebaiknya Nggak Kamu Lakukan, Salah Satunya Mandi dengan Air Hangat!

Sementara itu, Lebanon sendiri mengakui tak tahu menahu tentang kepemilikan amonium nitrat yang meledak di gudang Beirut.

Presiden Lebanon, Michel Aoun, mengaku tidak pernah memesan amonium nitrat sebanyak itu, apalagi menyimpannya di gudang Beirut.

Namun, sebuah laporan mengatakan bahwa amonium nitrat itu adalah barang sitaan yang diambil dari kapal yang tidak memenuhi syarat hukum berlabuh di Beirut.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Terkuak Fakta Menggemparkan di Balik Ledakan Libanon, Agen Mata-mata Israel Mossad Tahun 2015 Ungkap Rencana Besar Libanon Siapkan Amonium Nitrat Untuk Hancurkan Israel

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya