Berdalih Cegah Penularan Covid-19, Militer Israel Hancurkan Pos Pemeriksaan Virus Corona Palestina

Senin, 27 Juli 2020 | 21:00
National Interest

Militer Israel

GridHype.ID - Israel dan Palestina memang dua negara yang tak henti-hentinya bersitegang.

Belum lama ini militer Israel menghancurkan pos pemeriksaan pengujian virus corona Palestina di wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Kabar ini sebagaimana yang dilansir Kantor Berita Wafa pada Senin (20/7/2020).

Pos pemeriksaan didirikan pasukan keamanan Palestina di gerbang masuk wilayah Tepi Barat, tepatnya di kota Jenin untuk mencegah penularan virus corona.

Baca Juga: Gara-gara Hal Ini Amerika Serikat Siap Pindahkan Medan Pertempuran ke Sungai Mekong, Demi Lawan Kekuatan China

Sebanyak 468 kasus infeksi virus corona dan tiga kematian akibat virus tersebut dilaporkan berada di teritorial Palestina dalam waktu 24 jam.

Menurut Menteri Kesehatan Palestina pada Senin (20/7/2020), jumlah kasus infeksi yang ada sebanyak 8.360 dengan total kematian sebanyak 65 orang.

Sebanyak 40 pasien saat ini berada di Unit Perawatan Intensif, termasuk tiga orang yang dipasangi alat bantu pernapasan.

Baca Juga: Dubes Tiongkok untuk Filipina Beri Peringatan Ini ke Negara Asia Tenggara, Sebut Upaya AS Sabotase Stabilitas Wilayah Laut China Selatan

Adapun serangan dari pasukan Israel dilaporkan telah melukai seorang pria warga Palestina di kamp pengungsi Jenin.

Sumber lokal mengatakan, pasukan Israel menyerbu Jenin dan kamp pengungsi di awal pagi untuk menahan beberapa aktivis.

Pasukan pendudukan Israel itu menembak banyak warga Palestina di area tersebut berdasarkan laporan yang diterima Middle East Monitor, melukai satu orang dengan luka tembak di paha.

Baca Juga: Kelakuan Tiongkok Buat Kawasan Asia Pasifik Meradang, Amerika Serikat : Dunia Tidak akan Biarkan

Sebanyak dua orang ditangkap sebelum tentara meninggalkan kota dan pos pemeriksaan yang telah dihancurkan itu.

Meski masih di tengah pandemi virus corona, Otoritas Israel masih terus melakukan serangan kekerasan terhadap komunitas Palestina yang lemah dalam wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Upaya-upaya itu dilakukan untuk mengusir mereka dari area tersebut dan memperlakukan hal serupa pada warga Palestina di timur Yerusalem.

Baca Juga: Tiongkok Respon Surat Diplomatik Atas Sengketa Wilayah di Laut China Selatan, Menlu : Posisi Indonesia Sudah Sangat Jelas dan Konsisten

Bulan lalu, terjadi lonjakan aktivitas perusakan yang dilakukan Israel yang menyebabkan 151 warga Palestina, termasuk 84 anak di bawah umur, kehilangan tempat tinggal mereka meski ada tempat perlindungan selama wabah virus corona.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tentara Israel Hancurkan Pos Pemeriksaan Virus Corona Palestina

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya