3 Bulan Tak Kerja Lantaran di PHK Saat Pandemi Covid-19, Pria Ini Gunakan Uang Koin Sebanyak Rp 3 Juta Demi Beli Hewan Kurban

Sabtu, 25 Juli 2020 | 14:30
Kompas.com

ilustrasi hewan kurban

GridHype.ID -Sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya kurban atau Idul Adha.

Lantaran keutamaan yang agung dalam Islam mengenai kurban itu sendiri, maka tak ayal banyak orang berbondong-bondong menyisihkan harta mereka untuk bisa berkurban.

Sama halnya yang dilakukan seorang pria di Surabaya ini.

Bahkan, keinginannya untuk berkurban membuat seorang pedagang hewan kurban di Jalan Mayjend Sungkono, Surabaya ini heran.

Baca Juga: Sama-sama Patah Hati Ditinggal Nikah, Netizen Jodohkan Rizky Billar dengan Lezty Kejora

Pedagang ini kaget bukan mainsai mendapati pembeli hewan kurban membayarnya dengan tumpukan uang koin padaSabtu, (21/07).

Pedagang bernama Deny ini mengaku mendapatkan uang koin pecahan hingga Rp3 juta dari sang pembeli.

"Jadi semalam ada pelanggan saya datang bawa kaleng isinya uang koin pecahan 1.000 sama 500 buat beli kambing," kata Deny, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Kasus Perselingkuhan Oknum ASN di Kudus, Ketua BKKP : Kalau Poliandri Masih Mending, Ini Lebih Parah Lagi!

Lantaran jumlah koin itu kurang, untuk menebus kambing seharga Rp 3 juta, pelanggan itu pun menutup kekurangannya dengan uang kertas.

"Jadi ada uang kertasnya Rp 50 ribu dua lembar buat nutup kurangnya," ucapnya.

Kata Deny, pelanggan itu sebelum datang ke lapaknya sempat mengirim pesan melalui WhatsApp.

SURYA.CO.ID/Habibur Rohman

Pedagang hewan kurban di Jl Mayjen Sungkono, Surabaya, menunjukkan uang koin dari salah satu pelanggannya untuk pembelian kambing, Rabu (22/7/2020).

Baca Juga: Tak Peduli Habiskan Ratusan Juta Demi Perawatan Wajahnya, Netizen Salfok pada Bagian Tubuh Krisdayanti Ini, Bak Bumi dan Langit

Pelanggan itu meminta ijin kepadanya, menukar uang koinnya dengan satu ekor kambing.

"Sebelum beli orang ini chat saya di WA. Dia tanya kambing sekarang harga berapa. Terus saya jawab sekitar Rp 3 juta. Gak lama dia kirim foto uang receh, terus tanya apa boleh beli kambing pakai uang itu," jelasnya.

Mendapat pesan itu, Deny sempat mengira hal itu bercanda.

Namun, ia tetap mengizinkan uang koin itu ditukar kambing.

Baca Juga: Bahas Saldo Rekening, Siapa Sangka Luna Maya Cuma Punya Uang Rp89 Ribu, Deddy Corbuzier: Telepon Om Dong

"Tak jawab monggo (silahkan) bawa sini, tapi saya kira itu bercanda. Eh tiba-tiba orangnya datang bawa uang koin," ucapnya kepada TribunJatim.com.

Saat transaksi, kata Deny, ia tak sempat menghitung uangnya.

Ia percaya jumlah itu sudah pas.

Apalagi pelanggannya itu, sudah 8 tahun selalu membeli kambing di tempatnya.

"Ya gak kober (sempat) ngitung, saya percaya aja sudah langganan. Cuma ada 1 toples kalau gak salah jumlahnya 500 ribu itu sudah diisolasi lainnya belum, jadi ya wes saya percaya pas," ujarnya.

Baca Juga: Sama-sama Ditinggal Nikah, Tukul Arwan Jodohkan Rizky Billar dengan Lesty Kejora : Satu Visi, Satu Tujuan, Satu Atap, cie!

Namun saat proses jual beli pelanggan itu sempat bercerita kepada Deny alasannya membeli kambing dengan uang koin.

"Jadi orang ini kan tiap tahun kurban. Cuma ada Covid-19, dia kena imbas gak bisa kerja 3 bulan. Gara-gara itu awalnya, sempat ada niatan tahun ini gak kurban. Lah tapi dia ngerasa ada yang kurang akhirnya bongkar-bongkar celengan," jelasnya.

Sementara setelah terbayar lunas, oleh pemilik, kambing itu rencananya akan diserahkan ke panti asuhan di wilayah Wiyung.

"H-1 minta dikirim ke panti asuhan, tapi alamatnya mana belum tahu saya," pungkasnya kepadaTribunJatim.com.

Artikel ini telah tayang di GridStar.ID dengan judul Demi Bisa Berkurban di Hari Raya Idul Adha, Pria yang Sudah Nganggur 3 Bulan karena Pandemi Covid-19 Ini Nekat Beli Kambing dengan Uang Recehan! Penjual Kaget Lihat Tumpukan Uang Koin Rp3 Juta

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid Star

Baca Lainnya