Viral Kisah Mahasiswa yang Lakukan Wisuda Berbarengan dengan Resepsi Pernikahan, Pakai Toga di Atas Pelaminan

Kamis, 23 Juli 2020 | 13:15
KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA

capture facebook Humas UIN Sunan Kalijaga saat wisudawan Muhammad Nur Najhan mengikuti wisuda virtual berbarengan dengan melaksanakan pernikahan

Gridhype.id- Selama masa pandemi banyak aktifitas yang seharusnya dilakukan dengan tatap muka namun beralih melalui online.

Salah satunya seperti kegiatan wisuda para mahasiswa yang lulus.

Seperti kisah unik salah satu wisudawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berikut ini.

Muhammad Nur Najhan merupakan mahasiswa Prodi Ekonomi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam ini menjalani wisuda di UIN Sunan Kalijaga sekaligus melaksanakan pernikahan di waktu yang berbarengan.

Baca Juga: Mantan Artis Cilik ini Dulu Sempat Akui Hamil di Luar Nikah Hingga Menjanda di Usia Muda, Nasibnya Kini Berubah Menjadi Ibu dari 5 Anak

Muhammad Nur Najhan menceritakan, ia menjalani sidang skripsi pada Februari 2020. Rencananya, ia wisuda pada April 2020.

"Selesai sidang Februari, rencana wisuda April. Kemudian ada virus corona ditunda dan belum tahu kapan wisudanya," ujar Muhammad Nur Najhan saat dihubungi, Rabu (22/7/2020).

Nur Najhan menyampaikan, ia sudah menjalin asmara dengan kekasihnya Lisna (23) selama empat tahun.

Setelah sidang skripsi, dia dan Lisna merencanakan untuk melaksanakan pernikahan. Kemudian, keduanya menentukan waktu pernikahan pada Juli 2020.

Baca Juga: Dulu Sengsara Hidup di Gubuk Reyot yang Nyaris Roboh, Hidup Pedangdut ini Berubah Drastis dan Miliki Hunian Mewah, Toiletnya Bak Singasana Raja

"Kemarin ketemu dua keluarga, ditentukan 22 Juli bertepatan dengan satu Dzulhijjah. Ini sudah ditentukan lama, sudah satu bulanan," ungkapnya.

Setelah itu, dirinya mendapat kabar wisuda di gelar secara virtual pada 22 Juli 2020. Sehingga waktu wisuda bersamaan dengan pernikahan.

"Dua tiga hari dikasih kabar wisuda online. Jadi ya berbarengan dengan akad nikah, ya memang tidak sengaja bisa barengan," jelasnya.

Akad nikah dilaksanakan pada pukul 07.00 Wita.

Baca Juga: Potret Ibu Kota Termiskin di Dunia, Tidak Ada Gedung Pencakar Langit dan Bisa Mendapatkan Istri Hanya dengan Pelihara Babi

Setelah melaksanakan akad nikah, Najhan mengikuti acara wisuda UIN Sunan Kalijaga secara online pada pukul 09.00 WIB.

"Enggak ada persiapan, pas jamnya langsung gabung aja sama yang wisuda online. Saya enggak pakai toga, masih pakai baju akad nikah, tadi saat wisuda baru duduk di pelaminan," jelasnya.

Dijelaskannya, kuliah S1 di UIN ia selesaikan dalam waktu tiga setengah tahun.

"Selesai tiga setengah tahun, alhamdulilah cumlaude, 3,52 IPK nya. Istri saya S1-nya di Semarang tapi satu daerah," urainya.

Pria yang tinggal di Kecamatan Seruyan, Kalimantan Tengah ini pun terkejut saat pidato, Rektor UIN Sunan Kalijaga mengucapkan selamat.

Baca Juga: Craig Lewis, Orang Pertama di Dunia yang Berhasil Hidup Tanpa Jantung, Begini Caranya Ia Bertahan Hidup

"Kaget, tidak menyangka tiba-tiba diucapin langsung sama Pak Rektor waktu wisuda online. Saya tidak memberitahu kampus, jadi awalnya teman mau mengucapkan langsung tapi terkirim ke IT-nya UIN, ngak tahu tiba-tiba sampai aja," ceritanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 696 orang mengikuti wisuda virtual Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Uniknya ada satu wisudawan yang mengikuti proses wisuda virtual berbarengan dengan melaksanakan pernikahan.

Di dalam sambutanya, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al-Makin, S.Ag., MA mengucapkan selamat kepada wisudawan yang melaksanakan pernikahannya bersamaan dengan Wisuda Virtual UIN Sunan Kalijaga.

"Mohon maaf, agak lupa Saya ingin mengucapkan selamat berbahagia kepada wisudawan Muhammad Nur Najhan yang telah melaksanakan pernikahan. Nikah di era corona saya kira cepat berlipat," ujar Rektor UIN Sunan Kalijaga dalam sambutanya di acara Wisuda Virtual Periode III T.A. 2019/2020, Rabu (22/7/2020).

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Najhan Wisuda Berbarengan dengan Akad Nikah, Pakai Toga Duduk di Pelaminan"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya