Nahas, Wanita ini Meregang Nyawa Usai Menyantap Makanan di Restoran Berbintang, Rupanya Hidangan Tersebut Terbuat dari Jamur Beracun yang Mematikan

Kamis, 09 Juli 2020 | 15:45
seriouseats.com

Gridhype.id-Nasib naas dialami oleh seorang wanita di Spanyol yang meregang nyawa setelah keracunana makanan di restoran berbintang.

Melansir dari laporanLive ScienceKamis (09/07/2020), wanita ini jatuh sakit hingga akhirnya meningggal setelah makan di salah satu restoran berbintang, di Michelin Spanyol.

Kini alasan penyakitnya sedang diselidiki oleh petugas.

Baca Juga: Tak Teliti Saat Pesan Menu Ayam Lewat Room Service, Satu Keluarga Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Memakan Ayam dengan Ciri Berikut ini

Namun, dilaporkan bahwa, wanita ini memakan hidangan dari restoran yang mengandung jamurMorchella, atau morels peniru.

Dilansir dari The Telegraph, jamur ini bisa menjadi sangat beracun, berbahaya dan mematikan, jika tidak dimasak dengan benar.

Wanita berusia 46 tahun ini mengalami gejala keracunan makanan termasuk muntah dan diare.

Ia makan di restoran ini pada Minggu (17/2) seperti dilansir dari The Guardian, setelah itu ia barulah mengalami gejala-gejala yang masih dalam pemulihan.

Baca Juga: Sering Dikonsumsi Sehari-hari, 6 Makanan ini Justru Paling Sering Jadi Penyebab Keracunan

Menurut otoritas kesehatan setempat, sejauh ini ia mengidentifikasi 29 orang yang keracunan akibat makanan antara 13-16 Februari.

Sebagian besar masalahnya cukup ringan, namun kasus wanita ini adalah yang terparah karena berujung pada kematian, kataThe Guardian.

Menurut keterangan, JamurMorchellamengandung racun hidrazin yang dihancurkan dengan cara memasak.

The Independentmenjelaskan, spesies ini tampak mirip dengan jamur morels palsu, yang bisa mematikan.

Baca Juga: Benarkah Makan Nasi Sisa Kemarin Bisa Berbahaya Bagi Tubuh?

Inspeksi restoran pada 18 Februari tidak menemukan alasan yang jelas atas keracunan makanan di restoran tersebut.

Akan tetapi, sampel makanannya sedang diuji menurut laporanThe Guardian.

Meski begitu, jamur Morel adalah hidangan yang sangat mahal, harganya memang bervariasi dari toko ke toko.

Baca Juga: Hindari Menyimpan Obat di Kulkas, Bocah Asal Malaysia Pingsan Hingga Koma Usai Minum Obat yang Disimpan di Kulkas, ini Kata Dokter

Namun, jenis jamur ini lebih mahal daripada jamur budidaya lainnya.

Alasan utamanya adalah, pengolahannya yang sulit, kemudian sulitnya mencari jamur ini karena hanya bisa ditemukan di daerah hutan setelah kebakaran.

Sedangkan apa yang dimakan oleh wanita ini sebagai jamur Morel adalah jamur Morchella yang mirip dengan jamur ini, namun ini adalah salah satu jamur beracun. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judulMakan di Restoran Berbintang, Wanita Ini Meninggal Akibat Memakan Jamur Paling Beracun di Dunia

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya