Ada 3 Jenis Test Covid-19, Rapid Test, Swab Test dan TCM, Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Akurat?

Minggu, 05 Juli 2020 | 13:15
Sehatq.com

Ilustrasi rapid test

Gridhype.id- Sebagai langkah untuk menekan penyebaran virus corona adalah dengan mendeteksi infeksi melalui sebuah tes terlebih dahulu.

Berdasarkan data yang ada, dalam masa PSBB transisi seperti saat ini angka kasus terinfeksi virus corona di Indonesia masih mengalami peningkatan.

Untuk itu pemerintah gencar menjalankan rapid test di sejumlah wilayah yang menjadi zona hitam penyebaran virus Covid-19.

Sejauh ini, yang mungkin sering kita dengar ada 3 metode tes covid-19, yaitu rapidtestdanswabtest (PCR) dan TCM.

Sama-sama digunakan untuk mendeteksi virus corona,apa sebenarnya perpedaan ketiga metode tes covid-19 tersebut?

Baca Juga: Pulang Kampung Karena Sepi Job, Babang Tamvan Bagikan 5 Ton Beras Beserta Sembako Bagi Warga Terdampak Corona

Rapid Test

Metoderapid test menggunakansampel darah untuk menguji seseorang positif covid-19 atau tidak.

Rapid testbekerja dengan mendeteksi immunoglobulin.

Dalam hal ini, seseorang yang terinfeksi akan membentuk antibodi yang disebut immunoglobulin, yang bisa dideteksi di darah.

Waktu untuk mendapatkan hasilnya pun terbilang singkat.

Hasilrapid test dapat keluar hanya dalam waktu 15-20 menit dan bisa dilakukan dimana saja.

dok. Polres Cianjur
dok. Polres Cianjur

Gelar Rapid Test dengan Peserta Terbanyak dan Nihil Kasus Baru Covid-19, Polres Cianjur Raih Penghargaan MURI

Namun, kelemahan rapid testadalah bisa menghasilkan 'false negative', yaitu ketika hasil tes tampak negatif meski sebenarnya positif.

Hal ini bisa terjadi jika rapid test dilakukan kurang dari 7 hari setelah terinfeksi.

Baca Juga: Nekat Adakan Pesta Pernikahan, 95 Tamu Undangan Positif Covid-19, Sang Mempelai Proa Bahkan Meninggal 2 Hari Setelah Resepsi

PCR (Polymerase Chain Reaction)

Kalau saatrapidtestyang diambil adalah sampel darah, saat melakukan swab test maka tenaga medis akan mengambil sampel air liur/lendir dari saluran pernapasan, yaitu tenggorokan dan hidung.

Untuk mendapatkan sampel air liur, tenaga medis akan memasukkan alat yang bentuknya seperticotton buddengan ukuran yang lebih besar ke pangkal tenggorokan atau ke hidung.

Baca Juga: Tidak Hanya Kehamilan yang Meningkat, Angka Perceraian di Daerah Ini Juga Tinggi Selama Covid-19 Karena Hal Ini

IG @diagnoslab
IG @diagnoslab

Ilustrasi melakukan swab test

Sampel dariswabtestkemudian diperiksa dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) di laboratorium dengan peralatan khusus.

Pelaksanaan swabtestdengan metode PCR ini memang terbilang singkat, namun membutuhkan waktu beberapa jam sampaibeberapa hari untuk menunjukkan hasil.

Dilansir dari health.grid.id,metode PCR dapat menemukan partikel virus pada tubuh setiap individu dan menempatkan urutan gen Coronavirus tertentu.

Baca Juga: Jangan Langsung Dibuang, Manfaatkan Kantung Teh Celup Untuk Kecantikan Berikut ini, Hilangkan Mata Panda Hingga Bibir Kering

TCM (Tes Cepat Molekuler)

Jenis tes ini umumnya digunakan untuk pasien penyakit tuberkolosis (TB).

Dengan metode TCM, pemeriksaan akan menggunakan antigen.

Dilansir dari health.grid.id,pemeriksaan pada TCM dilakukan dengan menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge.

Tes ini akan mengidentifikasi RNA pada virus corona di mesin yang menggunakan cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus corona.

Sonora.ID/Dian Megawati

RSUD) Andi Makassau Kota Parepare menjadi salah satu tempat pemeriksaan virus Corona dengan menggunakan mesin Tes Cepat Molekuler (TCM).

Hasil tes TCM ini dapat diketahui dalam waktu kurang dari dua jam, untuk menentukan pasien positif maupun negatif.

Fyi, metode TCM ini mulai digunakan sesuai usulan dari pemerintah melalui jurubicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto.

(*)

Artikel ini pernah tayang di health.grid.id dengan judul "Berbagai Metode Test Covid-19; PCR, Rapid Test, TCM, Apa Perbedaannya?"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya