Find Us On Social Media :

Simak 3 Makanan Alternatif Pengganti Nasi, Cocok untuk Kamu yang Lagi Diet!

Illustrasi diet

GridHype.ID - Apakah ada di antara kalian yang saat ini tengah menjalani program diet?

Nah, ketika melakukan diet, biasanya makanan pertama yang banyak dihindari adalah nasi putih.

Padahal kita sebagai orang Indonesia terbiasa mengonsumsi nasi putih sebagai makanan wajib.

Baca Juga: Meski Sudah Cerai, Engku Emran Tetap Lakukan Hal Ini pada Laudya Cynthia Bella, Bikin Netizen Baper!

Alhasil banyak yang merasa mudah lapar saat diet.

Ternyata ada makanan alternatif nasi yang juga bisa bikin kenyang, loh.

Namun kandungan dalam makanan ini tetap cocok untuk kita yang sedang diet.

Yuk simak ulasannya!

Baca Juga: Mencuat Isu Perceraian Ririn Dwi Ariyanti dengan Aldi Bragi, Pesinetron Tanah Air Ini Singgung Soal Perjuangan

1. Shirataki

Di posisi pertama ada shirataki yang menjadi alternatif nasi paling populer saat ini.

Shirataki terbuat dari tanaman porang yang memiliki serat unik glukomanan.

Satu porsi beras shirataki seberat 85 gram kalorinya bisa di bawah lima kkal atau nyaris bebas kalori.

Baca Juga: 4 Tahun Pacaran, Nikita Willy Akan Dilamar! Begini Sosok indra Priawan di Mata Keluarga

Potensi manfaat serat glukomanan dalam porang kini sedang banyak dipelajari ahli. Salah satunya bisa melindungi dinding usus.

2. Bulgur

Bulgur adalah jenis gandum yang bisa jadi alternatif makanan pengganti nasi untuk diet.

Tekstur dan rasa biji-bijian bulgur memiliki reputasi mirip nasi.

Baca Juga: Sesumbar Akan Nikahi Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Sempat Peringatkan Salmafina Sebelum Dipersunting Taqy Malik : Jangan Nikah Dulu!

Gandum bulgur juga termasuk asupan rendah kalori.

Dalam setengah cangkir bulgur, kalorinya hanya 76 kkal, atau 1/4 kalori nasi putih dalam takaran sama.

3. Quinoa

Quinoa bebas dari gluten dan mengandung protein lebih tinggi ketimbang beras.

Baca Juga: Kim Jong Un Murka Istrinya Dituding Main Film Panas dan Sulut Perang Korea

Dalam setengah cangkir atau 92 gram quinoa masak, terdapat empat gram protein.

Jumlah tersebut dua kali lipat protein dalam nasi putih dengan porsi sama.

Asupan pengganti beras ini memiliki protein lengkap, termasuk sembilan jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh.

Baca Juga: Coba Pikir Ulang! 5 Fakta Mengejutkan Bila Konsumsi Ikan Mujair, Salah Satunya Bisa Picu Kanker

Selain tinggi protein, quinoa juga sumber mineral magnesium dan tembaga yang baik untuk kesehatan.

Artikel ini telah tayang di NOVA dengan judul Sedang Diet? 3 Makanan Pengganti Nasi Putih Ini Bikin Kenyang tapi Tetap Sehat

(*)