Ngeri! Akibat Sering Lewatkan Sarapan Selama 10 Tahun, Dokter Keluarkan 200 Batu Empedu Sebesar Telur dari Dalam Perut Wanita ini

Kamis, 02 Juli 2020 | 20:15
nextshark.com

Jarang Sarapan Selama 10 Tahun, Wanita ini Keluarkan Ratusan Batu Empedu dari Perutnya!

Gridhype.id– Sebelum memulai hari ada baiknya kita selalu sarapan sebagai asupan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Tak hanyamemberi kita energi sebelum memulai kegiatan, namun sarapan yang tertur juga bisa menghindari kita dari kejadian mengerikan berikut ini.

Seorang wanita berusia 45 tahun mengalami kejadian mengerikan akibat jarang sarapan di pagi hari.

Baca Juga: Belajar dari Rano Karno yang Tak Lagi Miliki Empedu, Kebiasaan Jarang Sarapan ini Bisa Jadi Pemicu Penyakit Mengerikan

Dokter berhasil mengeluarkan lebih dari 200 batu dari kantong empedu wanita asal China ini.

Rumah Sakit Guangji mengatakan bahwa beberapa batu itu ada yang sebesar telur dan diambil dari kantong empedu dan hatinya.

Ahli bedah mengatakan bahwa munculnya batu-batu itu akibat wanita itu melupakan sarapan selama sekitar 10 tahun.

Butuh waktu enam setengah jam untuk memindahkan batu-batu itu.

Baca Juga: Haru! Lamaran Wanita 'Sekarat' ini Akhirnya Diterima Sang Kekasih, Setelah 14 Tahun Selalu Ditolak

Diidentifikasi hanya sebagai Chen, dokter mengatakan bahwa wanita ini sering makan berlebih dan tak punya pola makan tertentu.

Dia mulai merasakan sakit perut lebih dari 10 tahun yang lalu tapi dia takut dengan pisau bedah, meskipun dokter menyarankannya untuk dioperasi.

Tapi minggu lalu rasa sakitnya menjadi tak tertahankan dan dia harus menyingkirkan batu empedu.

Dr Quan Xuwei yang mengoperasinya mengatakan bahwa jika seseorang melupakan sarapan, hal itu akan menghentikan kantong empedunya untuk mengempis atau mengembang, menyebabkan penumpukan empedu.

Baca Juga: Awalnya Dikira Mengidap Batu Ginjal, Wanita ini Justru Tak Sadar Sedang Hamil dan Melahirkan Tiga Bayi Kembar

Hal itu, menurut dokter yang menangani wanita Itumenyebabkan kolesterol dan kadar kalsium tinggi.

National Health Services (NHS), Inggris, mengatakan bahwa wanita dengan berat badan berlebih di atas usia 40 tahun kemungkinan besar mendapatkan batu empedu.

Mereka bisa menghindari hal itu dengan menurunkan berat badan dan pola makan yang baik.

Dokter-dokter Inggris tidak setuju dengan penilaian Dr. Xuwei yang mengatakan bahwa orang-orang di China dan Asia Timur lebih cenderung memiliki batu karena tingkat infeksi yang meningkat di saluran empedu.

Dr. George Webster mengatakan, penyebabnya sering kali tidak jelas dan menghubungkan kebiasaan makan dengan batu empedu hanyalah 'spekulasi murni tanpa dukungan bukti ilmiah.

Baca Juga: Tak Disangka! Perempuan Ini Rasakan Perubahan Luar Biasa Usai dalam Tubuhnya Usai Ketagihan Minum Jus Batang Pohon Pisang

Apa yang dikatakan NHS tentang batu empedu.

Batu empedu adalah batu-batu kecil, biasanya terbuat dari kolesterol, yang terbentuk di kantong empedu. Dalam kebanyakan kasus mereka tidak menimbulkan gejala dan tidak perlu diobati.

Namun, jika batu empedu menjadi terjebak dalam lubang (duktus) di dalam kantong empedu, bisa memicu rasa sakit perut yang tiba-tiba dan intens yang biasanya berlangsung antara satu dan lima jam. Jenis sakit perut ini dikenal dengan kolik empedu.

Beberapa orang dengan batu empedu juga bisa mengalami komplikasi, seperti radang kandung empedu (kolesistitis), yang bisa menyebabkan:

  • rasa sakit terus-menerus
  • penyakit kuning
  • demam
Ketika batu empedu menyebabkan gejala atau komplikasi, dikenal sebagai penyakit batu empedu atau cholelithiasis. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisrai online dengan judul,“Menyeramkan, Inilah yang Terjadi pada Tubuh Bila Kita Lalai Sarapan”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya