Bukan Cuma Kerangkanya Saja, Fosil Hewan Purba ini Ditemukan Awet dengan Sisa-sisa Makanan Terakhirnya di Dalam Perut

Minggu, 28 Juni 2020 | 08:30
The Vintage News

Fosil Dinosaurus Ditemukan Awet

Gridhype.id- Penemuan benda benda bersejerah mulai dari artefak hingga fosil hewan purba memang selalu menarik perhatian.

Temuan ini bisa membawa kita melihat seperti apakehidupan di jaman purba saat dahulu kala.

Provinsi-provinsi barat Kanada terkenal dengan banyak hal:fosil dinosaurus, Pegunungan Rocky, ski helikopter di Banff, dan salah satu museum dinosaurus terbaik dan paling terkenal di dunia, Museum Paleontologi Royal Tyrell di Drumheller, Alberta.

Baca Juga: 14.300 Tahun Membeku, Hewan Purba ini Berhasil Ditemukan, Seperti ini Wujudnya

Salah satu fosil terbaiknya adalah "nodosaur," kata seorang arkeolog.

Makhluk itu memiliki panjang 7 meter dan berbobot hampir 3.000 pound ketika ia hidup 110 juta tahun lalu.

Ciri yang tidak biasa dari dinosaurus ini adalah caranya meninggal.

Setelah ia kenyang makan malam, ia meninggal begitu saja sambil berbaring di dasar sungai dan hanyut ke laut.

Mungkin badai hujan menghanyutkannya, atau mungkin beberapa peristiwa klimaks lainnya; tidak peduli bagaimana itu berakhir di sana, konsekuensinya adalah bahwa fosil itu bertahan dalam bentuk yang hampir sempurna.

Baca Juga: Pernah Hilang dan Kembali Ditemukan, Taman Hiburan Jurrasic World Ternyata Memang Sungguh Ada, Menyimpan Bahaya yang Mengerikan dari Dinosaurus

Ditemukan pada 2011 lalu oleh seorang pekerja pasir minyak di Alberta utara.

Dinosaurus telah memberi para ahli banyak wawasan baru tidak hanya pada spesies tertentu ini, tetapi juga periode waktu di mana ia hidup.

Para ahli di museum itu mengatakan spesimen itu terlestarikan dengan baik, terkubur seperti di lumpur murni, bahwa itu adalah fosil dinosaurus terbaik, paling lengkap yang pernah ditemukan - di mana pun.

The Vintage News
The Vintage News

Isi perut dinosaurus

Baca Juga: Masa Kecilnya Terlihat Lucu dan Menggemaskan, Namun 12 Anak ini Justru Tumbuh Menjadi 'Monster' Kejam Sepanjang Sejarah

Dan bukan hanya kerangka dinosaurus yang terawetkan dengan sangat baik - perutnya, yang berisi sisa-sisa makanan terakhirnya, juga ikut abadi dalam waktu yang panjang.

Hal itu memungkinkan para arkeolog mempelajari kandungan-kandungannya dan belajar banyak tentang apa yang dimakan herbivora selama periode itu.

Sebagian besar yakni tanaman pakis dan semak-semak lainnya.

"Pelestariannya sangat bagus," kata Caleb Brown, kurator dinosaurus di museum dan penulis utama studi ini, "kita benar-benar dapat (mengomentari) isi perut."

Baca Juga: Sumur Kuno ini Kerap Keluarkan Suara Aneh, Saat Digali Lebih Dalam Para Arkeolog Terkejut Temukan Ruang Rahasia dan Benda Berahrga Berikut ini

Isi itu pada dasarnya terdiri atas seikat daun dan pakis yang dikompres rapat menjadi bola.

Ini juga menceritakan kisah musim di mana dinosaurus hidup, dan kapan ia mati.

Ketika tukang minyak menemukan fosil ini 9 tahun yang lalu, mereka segera menghubungi museum.

Museum kemudian mengirim tim ahli untuk memeriksa dan melakukan penggalian.

Ketika binatang ini berkeliaran di tempat yang sekarang disebut Alberta utara, iklimnya sangat berbeda dari sekarang; daerah itu, terutama di musim dingin, sangat dingin dan tidak ramah kecuali untuk mamalia yang paling keras.

Tetapi saat itu, suhu lebih hangat dan wilayah itu lebih basah, kata para ahli, dan karenanya Borealopelta berkembang dalam kondisi seperti itu, karena ada banyak tanaman untuk dimakan.

Bagi para ilmuwan untuk menemukan isi lambung yang masih awet dengan baik sangat jarang, Brown mencatat.

(*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul, Panjangnya Capai 7 Meter, Fosil Makhluk Zaman Purba Ini Ditemukan Awet hingga ke Isi Perutnya, Seperti Apa?

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya