Jurang Babi Yar Jadi Saksi Bisu, 33000 Orang Yahudi Ditelanjangi Terlebih Dahulu Sebelum Akhirnya Dibunuh, Saking Kejamnya Korban Luka Dikubur Hidup-hidup Bersama Tumpukan Mayat

Minggu, 21 Juni 2020 | 09:00
Learning History

Ditelanjangi Terlebih Dahulu, 33.000 Orang Yahudi Terbunuh di Jurang Babi Yar

GridHype.ID - Ada sebuah sejarah pedih yang tersimpan di sebuah jurang di Kiev, Ibukota Ukraina.

Jurang tersebut dinamakanBabi Yar, lokasi ini menjadi saksi bisu pembantaian lebih dari 33.000 Yahudi oleh pasukan Jerman dan oleh kolaborator lokal Ukraina selama Perang Dunia II.

Keputusan kejam untukorang-orang di Kiev dibuat oleh gubernur militer, Mayor Jenderal Kurt Eberhard, Komandan Polisi untuk Grup Tentara Selatan, SS-Obergruppenführer Friedrich Jeckeln, dan Komandan Einsatzgruppe C Otto Rasch.

Pada 26 September 1941, sebuah pesan dibuat diperuntukkan bagi orang-orang Yahudi.

Baca Juga: Jangan Sembarangan! Teledor dalam Penggunaan Lensa Kontak Bisa Timbulkan Kebutaan, Ini 4 Hal Wajib yang Perlu Kamu Tahu

Semua orang Yahudi harus muncul pada hari Senin, 29 September, jam 8 pagi di sudut jalan Mel'nikova dan Dorohozhytska.

Mereka diharuskan membawa dokumen, uang, dan barang berharga.

Bagi mereka yang tidak mau mengikuti perintah dan menemukannya di tempat lain maka akan ditembak.

Pada tanggal 29 dan 30 September 1941, tim khusus pasukan SS Jerman yang didukung oleh unit-unit Jerman lainnya dan kolaborator lokal, dari Ukraina bagian barat, membunuh sekitar 33.771 warga sipil Yahudi setelah membawa mereka ke jurang.

Learning History
Learning History

Ditelanjangi Terlebih Dahulu, 33.000 Orang Yahudi Terbunuh di Jurang Babi Yar

Komandan Einsatzkommando melaporkan dua hari kemudian:

Menurut kesaksian seorang sopir truk bernama Hofer, para korban diperintahkan untuk menanggalkan pakaian dan dipukuli jika mereka menolak.

Pria, wanita, dan anak-anak tiba, lalu dibawa melewati sejumlah tempat berbeda di mana satu demi satu mereka harus menyerahkan barang bawaan nya.

Baca Juga: Bikin Mual! Video Viral Pembuatan Saus Sambal dengan Bahan Tomat Dan Pepaya Busuk yang Diolah dengan Diinjak Kaki, Produsen: Orang Kan Enggak Tau

Mereka kemudian harus menyerahkan mantel, sepatu, dan pakaian dalamnya juga.

Tak hanya itu, mereka harus menyerahkan barang berharga mereka di tempat yang telah ditentukan.

Kerumunan itu cukup besar, mereka tak tahu apa yang akan terjadi hingga pembunuhan terjadi dan tak ada lagi kesempatan untuk melarikan diri.

Setelah menanggalkan pakaian, mereka dibawa ke jurang yang panjangnya sekitar 150 meter dengan lebar 30 meter dan kedalaman 15 meter.

Learning History
Learning History

Ditelanjangi Terlebih Dahulu, 33.000 Orang Yahudi Terbunuh di Jurang Babi Yar

Saat mencapai jurang, mereka ditangkap oleh anggota Schutzpolizei dan dipaksa untuk berbaring di atas mayat-mayat Yahudi yang telah ditembaki sebelumnya.

Seorang penembak jitu polisi datang dan menembak setiap orang Yahudi di leher dengan senapan mesin.

Penembak jitu itu akan berjalan melintasi tubuh orang-orang Yahudi yang dieksekusi ke orang Yahudi berikutnya.

Baca Juga: Tes Kepribadian Gambar: Cari Tahu Hal Apa yang Menyulut Emosimu dalam Asmara Melalui Gambar Pertama yang Dilihat

Pada malam harinya, Jerman merusak dinding jurang dan menguburkan orang-orang di bawah lapisan tebal bumi.

Menurut Laporan Situasi Operasional Einsatzgruppe, 33.771 orang Yahudi dari Kiev dan daerah pinggirannya secara sistematis ditembak mati oleh tembakan senapan mesin di Babi Yar pada tanggal 29 September dan 30 September 1941.

Uang, barang berharga, pakaian dalam, dan pakaian orang yang terbunuh diserahkan kepada orang Jerman dan pemerintahan Nazi.

Tak hanya itu, bahkan korban yang terluka pun dikubur hidup-hidup di jurang bersama dengan sisa mayat-mayat itu.

(*)

Artikel ini tayang di Intisari dengan Ditelanjangi Terlebih Dahulu, 33.000 Orang Yahudi Terbunuh di Jurang Babi Yar, Bahkan Korban yang Terluka Dikubur Hidup-hidup Bersama Mayat

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : intisari

Baca Lainnya