Zaskia Mecca Hamil Anak Kelima, Istri Hanung Bramantyo Ini Ternyata Pernah Disindir Kepala BKKBN : Selama di Rumah Saja, Jangan Hamil Dulu

Kamis, 28 Mei 2020 | 08:00
Instagram/zaskiadyamecca

Zaskia Mecca dan keluarga lebaran di Jogja

GridHype.ID - Istri dari Hanung Bramantyo, Zaskia Mecca tengah sumringah berbahagia.

Pasalnya, pasangan yang telah dikarunia 4 orang anak ini dikabarkan akan menambah satu lagi anggota keluarga mereka.

Hal ini berdasarkan unggahan dari akun Instagram Zaski Mecca yang memperlihatkan potret suami dan keempat anaknya, beserta perut buncitnya.

Meski demikian, Zaskia Mecca malah memberikan keterangan yang melenceng, seakan membuat penasaran para pengikutnya di media sosial.

Baca Juga: Depresi Akibat Sepi Job di Masa Pandemi, Aktris India Ini Putuskan Akhiri Hidup dengan Cara Mengenaskan

Instagram/zaskiadyamecca

Zaskia Mecca hamil anak kelima

"Bii, ko lebaran hari ke 3 perutnya langsung sebesar ini sih?! Puas banget yah makan lontong sayur-ketupat-daging balado-opor sama sambel goreng ati yaa?!,"tulisnya.

Meski kabar Zaskia Mecca hamil anak kelima ini menjadi bulan-bulanan publik, nyatanya wanita 32 tahun ini sempat disinggung dokter kandungan sekaligus KepalaBadan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait hamil saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kapolda Jatim Usir Bawahannya yang Ketahuan Ngantuk, Prabowo Justru Buat Prank Saat Stafnya Kedapatan Tertidur

Berdasarkan data yang dihimpun GridHEALTH.id, dalam sebuah unggahan bersama Dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Kepala BKKBN tersebut melontarkan saran untuk menunda kehamilan di saat pandemi corona saat ini.

"Sekarang ini BKKBN gencar menggalakan (kampanye), selamastay at homeini kalau bisa jangan hamil dulu," ujarnya.

Kalimat sang dokter kandungan tersebut langsung saja membuat Zaskia Mecca tersipu malu dan tak bisa menahan tertawa.

Instagram

Zaskia Mecca kena sindir dokter kandungan

Baca Juga: Meringis Kesakitan Saat Dilempar Balon Berisi Air oleh Sang Sopir, Baim Wong : Beneran Sakit, Lo Pasti Dendam ya?

Namun rupanya, Dr. Hasto memiliki alasan tersendiri terkait penundaan kehamilan saat seperti ini.

"Karena apa? Risikonya orang hamil muda, itu jadi bisa menjadi penurunan stamina, karena ada mual, muntah, kemudian ada risiko abortus juga. Jadi hampir 10% kehamilan muda ini sering terjadi keguguran."

"Sementara di saat ini, kalau ada orang mengalami pendarahan atau keguguran dan mau datang ke dokter kan banyak dokter kandungan yang tidak buka praktik juga saat ini, fasilitas kesehatan juga berkurang (karena menangani pasien Covid-19)," jelas Dr. Hasto.

Selain itu, Kepala BKKBN ini pun menjelaskan bahwa ada kemungkinan wanita yang hamil saat ini bisa terpapar virus corona.

Baca Juga: Dijual Billy Syahputra, Rumah Peninggalan Olga Syahputra yang Tak Terawat Ditolak Nikita Mirzani hingga Nagita Slavina

"Kedua, ketika mual atau muntah, kemudian dehidrasi, nutrisinya kurang, ini kan daya tubuhnya menurun, sehingga bisa kena infeksi virus Covid-19," tuturnya.

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, ada beberapa kondisi, yang menyebabkan ibu hamil termasuk kelompok rentan terinfeksi virus corona, seperti:

- Ibu hamil cenderung mengalami gangguan pada saluran pernapasan saat terinfeksi virus jenis apapun.

- Perubahan sistem imun dan kardiovaskular pada ibu hamil, cenderung berpotensi untuk menderita penyakit berat jika terinfeksi virus.

Baca Juga: PSBB Jakarta Berakhir 4 Juni dengan Dibukanya 60 Pusat Perbelanjaan, Anies Baswedan akan Ancam Warganya Jika Tak Disiplin

- Demam dengan penyebab apapun yang lebih dari 38 derajat di usia kandungan trimester pertama akan meningkatkan angka kelainan bawaan.

- Ibu hamil dengan penyakit penyerta seperti gula dan darah tinggi harus lebih waspada dan hati-hati.

- Kendati dinyatakan lebih rentan, kata dia, hingga saat ini belum ada bukti klinis mengenai penularan infeksi Covid-19 dari ibu ke janin di dalam kandungan, keguguran dan kematian janin ketika ibu hamil positif terinfeksi Covid-19.

Oleh sebab itu, bagi ibu hamil di tengah pandemi Covid-19 seperti Zaskia Mecca ini disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi, tinggi protein, rendah karbohidrat, kaya serat, kaya vitamin C, D, E, kaya selenium dan zinc, dan menjalankan perilaku perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) demi menjaga kehamilan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul Hamil Anak Kelima, Zaski Mecca Tersipu Malu Disinggung Dokter Kandungan: 'Kalau Bisa Jangan Hamil Dulu'

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya