Find Us On Social Media :

Jangan Lagi Lakukan 4 Kesalahan ini Setelah Keramas, Bikin Rambut Semakin Rusak Nantinya

Keramas

Gridhype.id - Rambu menjadi mahkota bagi setiap perempuan.

Maka tak heran, banyak perempuan yang melakukan berbagai perawatan untuk memperindah rambutnya.

Salah satunya dengan rutin keramas secara teratur, untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala.

Namun kamu juga harus tahu apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat selesai keramas yang bisa merusak rambut.

Baca Juga: Sering Tidur dengan Rambut Masih Basah, Wanita ini Alami Kelumpuhan Pada Wajahnya Saat Bangun Tidur

Kebiasaan yang biasa kita lakukan setelah keramas, kayak harus ngeringin rambut dengan handuk atau hair-dryer.

Sepele karena kita biasa melakukannya, tapi sebenarnya hal-hal biasa tersebut justru merusak rambut lho.

Apa aja nih kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut?

Baca Juga: Ngeri! Dua Hari Setelah Potong Rambut di Salon, Pria ini Dilarikan ke ICU dan Alami Stroke, Ternyata ini Penyebabnya

Menggosok rambut pakai handuk

Mengeringkan rambut dengan menggosokkan handuk udah pasti lazim dilakukan oleh setiap orang.

Tapi tahu enggak sih kalau itu justru bisa merusak rambut lho.

Gesekan antara rambut dan handuk yang kasar bisa merusak kutikula rambut, karena rambut yang masih basah memiliki tektur kutikula yang rentan banget.

Jadi, daripada menggosok rambut dengan handuk kencang-kencang, lebih baik kita mengeringkan dengan menekan-nekan rambut dengan lembut dan membungkusnya dengan handuk.

Cara ini akan tetap melindungi kutikula rambut kita biar enggak rusak.

Baca Juga: Jangan Lagi Buang Air Cucian Beras, Bisa Dimanfaatkan Untuk Perawatan Kulit Wajah Hingga Buat Rambut Halus

Mengeringkan rambut tanpa perlindungan apapun

Kebiaan mengeringkan rambut dengan hair dryer atau catokan justru bisa merusak rambut karena bikin rambut kita jadi terbakar.

Tapi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan produk heat protectant sebelum mengeringkan rambut.

Produk ini bisa berupa spray atau gel yang berguna untuk melindungi kutikula rambut dari dehidrasi sehingga rambut kita tetap dalam keadaan yang sehat.

Salah satu tips lagi untuk mengurangi kerusakan rambut kita adalah jangan pasang dryer kita di suhu panas yang paling tinggi ya.

Baca Juga: Ikutan Demam Drama Korea, Afgan Rela Pangkas Rambut Tiru Gaya Park Sae Royi 'Itaewon Class', Netizen: Mirip Cecep...

Menyisir rambut dari atas ke bawah

Menyisir rambut dari atas ke bawah udah jadi kebiasaan yang dilakukan oleh setiap orang.

Tapi tau enggak sih saat kita menyisir rambut dari atas ke bawah, biasanya di bagian bawah tetap kusut.

Kalau dipaksakan, akibatnya bisa bikin rambut jadi tertarik dan akhirnya rontok, duh.

Lebih baik sisir terlebih dulu rambut bagian bawah kita hingga enggak kusut lagi, baru setelah itu disisir dari atas, deh.

Baca Juga: Bleaching Bikin Rambut Rusak, Cukup Pulihkan dengan 3 Bahan yang Ada di Rumah Berikut ini

Mengikat rambut terlalu kencang

Kalau kita terlalu kencang mengikat rambut, kulit kepala jadi tegang dan bisa stres lho.

Apalagi kalau kalian menggunakan hijab, enggak menutup kemungkinan kalau mengikat rambut dengan kencang juga bikin jadi pusing.

Usahakan buat sering melepas ikatan rambut, misal saat sedang berada di rumah atau saat tidur ya, girls.

Oiya, tips lain adalah hindari mengikat rambut kalau rambutmu masih basah karena bisa bikin gampang patah. (*)

Artikel ini telah tayang di Cewekbanget.ID dengan judul Mulai Hindari, Ini 4 Kebiasaan Sehabis Keramas yang BIsa Merusak Rambut