Penuhi Syarat Ini Saat Berbuka dan Sahur, Agar Kebutuhan Gizi Anak Terpenuhi Selama Puasa

Kamis, 14 Mei 2020 | 13:40
Pixabay

Ilustrasi anak makan

GridHype.ID - Sebagai orang tua, kita perlu mengajarkan dan melatih anak untuk berpuasa.

Latihan puasa tersebut pun perlu memperhatikan juga kebutuhan gizi ketika berbuka dan sahur.

Tujuannya agar anak tidak kekurangan energi dan berpuasa dengan sehat.

Ahli gizi Yulaika Widhiastuti menjelaskan, kebutuhan energi rata-rata adalah 2.000 kkal/hari.

Pada masa pertumbuhan, anak butuh berbagai zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup setiap harinya.

Baca Juga: Tiba-tiba Drop Padahal Sudah Lama Tak Tunjukkan Gejala, Ashanty Diperiksa Dokter Berbaju APD Lengkap

“Zat gizi ini diperoleh dari makanan dengan gizi seimbang yang mendukung pertumbuhan anak,” kata Yulaika dalam siaran pers.

Pada saat berpuasa, kebutuhan energi dibutuhkan tiap orang sebenarnya sama dengan bulan-bulan lainnya, hanya waktu makannya saja yang berubah.

“Penting untuk tetap memenuhi kebutuhan energi lewat makanan bernutrisi setiap harinya agar anak tetap sehat dan kuat,” katanya.

Prinsip utama anak dapat berpuasa adalah anak dalam kondisi sehat dan status gizinya baik.

Baca Juga: Biasa Pasang Badan Saat Kakaknya Dihujat Netizen, Kini Aisyahrani Seolah Melempem Tak Mau Komentari Gosip Miring Syahrini

Selain itu, upayakan agar sahur dekat dengan waktu imsak dan berbuka segera setelah adzan maghrib.

Menu makanan anak juga perlu diperhatikan.

Misalnya untuk menu sahur, pilih makanan yang lebih lambat menaikkan kadar gula darah dan juga mengenyangkan, misalnya nasi merah, spaghetti, susu, atau pun kentang panggang.

Sementara untuk berbuka puasa bisa dipilih makanan yang mengandung semua komposisi zat gizi, misalnya nasi, sayuran dengan lauk pauk lengkap dan juga mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Baca Juga: Pemerintah Akan Longgarkan Aturan PSBB dalam Waktu Dekat, Ahli Justru Khawatir : Bukan Berarti Pandemi Selesai!

Inspirasi menu

Untuk memberikan inspirasi bagi keluarga dalam menyiapkan menu-menu bernutrisi, Blue Band bekerja sama dengan chef Dhani Kurnia dan Yulaika memberikan aneka resep makanan yang lezat namun bergizi tinggi.

“Kami ingin berbagi resep dengan bahan dasar yang mudah didapatkan, sederhana pembuatannya, sehingga tidak sulit untuk diikuti ibu-ibu di rumah,” kata Dhani.

Ia mengatakan, dari beberapa resep yang dihadirkan pun bisa diganti dengan beragam pilihan daging atau sayuran sebagai kombinasi menu harian.

Beberapa resep itu antara lain kentang panggang, dori panggang keju, ayam BBQ madu, serta nugget ayam korea.Baca Juga: Masih Kewalahan Atasai Wabah Corona, Prabowo Subianto Justru Dapat Telepon dari Menteri Pertahanan China! Ternyata Ini yang Dibicarakan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penuhi Kebutuhan Gizi Saat Anak Berpuasa

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya