Meski Mematikan, Nyatanya 4 Racun ini Bisa Jadi Obat Jantung Hingga Kanker

Minggu, 10 Mei 2020 | 20:50
chemistryworld.com

Racun

Gridhype.id-Racun merupakan salah satu zat berbahaya yang jika dikonsumsi bisa menyebabkan sakit hingga kematian.

Namunbagaimana jadinya bila racun mematikan ini justru diolah menjadi obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kronis.

Mulai dari penyakit jantung hingga kanker, berikut 4 racun mematikan yang bisa dijadikan obat!

Dilansir darimedicalydaily.com, berikut adalah beberapa jenis racun bisa jadi obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Baca Juga: Mulut Bocah ini Berbusa Hingga Koma Usai Minum Obat yang Disimpan di Kulkas, Benarkah Menyimpan Obat di Kulkas Justru Bisa Menjadi Racun?

1. Racun ular

Ribuan jenis ular di dunia menghasilkan racun dan hampir semua dari kita racun ular mematikan. Memang bear, namun tak semua dari jenis racun tersebut buruk untuk kesehatan.

Menurut American Museum of Natural History atau AMNH, racun dari ular beludak bisa digunakan untuk menciptakan obat pengencer darah.

Temuan lain menemukan bahwa racun bisa jadi obat sebab beberapa Captopril atau obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan masalah ginjal juga mengandung racun sejenis ular ini di dalamnya.

Selain itu, obat diabetes yang membantu tubuh untuk memproduksi insulin juga berasal dari air liur kadal berbisa yang hidup di barat daya Amerika Serikat dan barat laut Meksiko.

Baca Juga: Waspada! Kebiasaan Menggunakan Toilet Duduk yang Satu ini Bisa Sebarkan Bakteri Jahat

2. Arsenik

Di Indonesia, nama arsenik melonjak karena dua kasus. Pertama, kasus Jessica seperti yang disebutkan di awal cerita.

Kedua, kasus hukum yang melibatkan seorang aktivis hukum, Munir SH yang dibunuh di pesawat dengan minuman dicampur arsenik beberapa tahun lalu.

Arsenik yang dapat ditemukan di alam, pestisida, produk bangunan, dan beberapa proses industri memang mampu membahayakan nyawa jika tak sengaja masuk dalam tubuh dengan dosis yang tinggi.

Dalam dosis rendah, arsenik bisa dimanfaatkan untuk mengobati kanker khususnya kanker leukemia promyeloctic akut.

Selain itu, arsenik juga bisa digunakan sebagai obat untuk kemoterapi yang disebut dengan anthracyclines.

Baca Juga: Meski Terdengar Sepele, ini Alasan Mengapa Kita Dilarang Mencuci Piring Saat Badai Petir, Bisa Mengancam Nyawa

3. Pohon Yew

American Museum of Natural History di New York mencatat bahwa biji, daun, dan kulit kayu dari pohon Yew mengandung bahan berbahaya bagi tubuh manusia yang bisa mematikan.

Namun kandungan bahan tertentu di dalam kulit kayu Yew bermanfaat untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker tertentu seperti kanker payudara atau kanker paru-paru.

Tak hanya itu, kulit kayu Yew mampu membuka kembali aliran darah yang tersumbat di tubuh penderita penyakit jantung.

Baca Juga: Begini Cara Menebak Kepribadian Seseorang Melalui Tulisan Tangan, dari Si Pemberontak Hingga Si Ambisius

4. Foxglove

Satu lagi bukti bahwa racun bisa jadi obat. Yaitu racun dari Foxglove, tanaman dengan bunga berbentuk tabung, berwarna merah muda, ungu, putih atau kekuningan, dan berbintik-bintik.

Tanaman ini dianggap beracun karena bila kita mengonsumsi daunnya maka bisa menyebabkan tekanan darah rendah, detak jantung tidak teratur, depresi, halusinasi, sakit kepala, muntah, diare, hingga ruam.

Tapi bisa foxglove menjadi bahan dari obat yang disebut dengan digoxin.

Obat ini bisa memperkuat jantung, mengontrol detak jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Jelas ya, bila dimanfaatkan dan diolah dengan baik, racun bisa jadi obat seperti beberapa jenis racun yang disebutkan di atas.

(*)

Artikel ini pernah tayang di Grid Health dengan judulSiapa Sangka, Empat Jenis Racun Bisa Jadi Obat Jantung dan Kanker

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya