Setiap Gadis di Desa ini Lakukan Tradisi Setrika Payudara, Tujuannya Untuk Melindungi Diri dari Hal Mengerikan ini

Senin, 27 April 2020 | 21:05
News.sky.com

Miris, Demi Menghindari Pelecehan Seksual Gadis Remaja di Negara ini Harus Lakukan Tradisi Setrika Payudara

GridHype.id– Kamerun merupakan salah satu negara tertinggal yang memiliki presentasi kasus pelecehan seksual tertinggi di dunia.

Untuk menghindari anak perempuannya dari pelecehan seksual, tak jarang para gadis remaja di Kamerun harus menjalani tradisi setrika payudara.

Salah satu kisahnya adalah, Veronica gadis berusia 28 tahun sudah menjadi seorang nenek setelah anak sulungnya hamil pada usia 14 tahun.

Baca Juga: Mampu Menempel di Permukaan Selama 10 Jam, Begini Cara Membersihkan Barang Belanjaan Agar Terhindar dari Covid-19

Tidak ingin peristiwa tersebut kembali terjadi terhadap keempat anaknya, Veronica membawa anaknya yang berusia 10 tahun dan 7 tahun ke sebuah desa dekat kota Bafoussam di Kamerun untuk meratakan payudara mereka.

Tradisi menyakitkan ini dilakukan demi melindungi para gadis dari kejahatan seksual yang membuat adanya kehamilan pada usia muda dan pernikahan dini.

face2faceafrica
face2faceafrica

tRadisi Setrika payudara di Kamerun

Baca Juga: Tak Kalah Misterius dari Segitiga Bermuda, ini 5 Wilayah Misterius yang Ada di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

Dalam praktiknya, sebuah batu atau tongkat kayu akan dipanaskan terlebih dahulu sebelum ditempelkan dan ditekan di kedua payudara.

Panas yang dihasilkan akan melelehkan lemak di payudara, sehingga membuat payudara menjadi lebih kecil.

Sang ibu akan mengambil batu seukuran telapak tangannya, dan menekannya ke setiap sisi payudara selama 10 menit.

Selain menggunakan alat-alat tersebut, biasanya para ibu akan mengambil sebuah ikat pinggang yang diikatkan erat melilit payudara dan tubuh bagian atas anak perempuannya.

Cara ini dilakukan untuk menyamarkan mereka agar tidak terlihat sudah memasuki usia matang.

Baca Juga: Jangan Lagi Tidur Setelah Sahur, Jika Tak Ingin Alami 3 Hal Buruk ini Pada Tubuhmu

Tujuan lebih lanjutnya adalah untuk menghindarkan anak mereka dari ancaman tindak kekerasan seksual.

Saat masa pertumbuhan, anak-anak berusia delapan hingga 12 tahun dinilai terlalu rentan terhadap laki-laki di sekitarnya.

Meski usianya sangat muda, tetapi bentuk fisik mereka tampak sudah dewasa.

Bagi orang tua, terutama para ibu, hal ini dilakukan agar para putrinya tidak kehilangan kesempatan untuk bersekolah dan bekerja.

Perlu diketahui bahwa di Kamerun, kehamilan pranikah dapat membuat mereka putus sekolah akibat kehamilan di usia yang masih muda.

Sekitar 65 persen perempuan yang hamil di usia muda tidak lagi melanjutkan sekolah.

Baca Juga: Biasa Minum 10 Gelas Kopi dalam Sehari Selama 7 Tahun, Wanita ini Alami Hal Mengerikan Pada Tubuhnya

face2faceafrica
face2faceafrica

Alat yang digunakan untuk menyetrika payudara

Melansir Face2Face Afrika, berdasarkan laporan UNICEF, 38 persen anak-anak di Kamerun menikah di usia 18 tahun.

Seperempat dari anak yang sudah menikah ini sudah menjadi seorang ibu, dan 20 persen dari mereka putus sekolah setelah hamil.

Praktik ini pertama kali dijelaskan lebih dari 10 tahun yang lalu kepada komunitas internasional, tetapi asal-usulnya masih belum diketahui.

Pada tahun 2005, lembaga pembangunan Jerman GIZ dan Jaringan Nasional Bibi (RENATA), sebuah organisasi non-pemerintah yang berbasis di Kamerun, mewawancarai lebih dari 5.000 gadis dan perempuan berusia 10 hingga 82 tahun.

Baca Juga: Biasa Minum 10 Gelas Kopi dalam Sehari Selama 7 Tahun, Wanita ini Alami Hal Mengerikan Pada Tubuhnya

Mereka menemukan bahwa sekitar 25 persen telah mengalami perubahan bentuk akibat menyetrika payudara.

"Saya mulai tumbuh payudara ketika saya berumur 10 tahun. Ibu saya menjelaskan kepadaku bahwa payudara saya tumbuh terlalu dini dan saya dapat menarik perhatian anak laki-laki," kata Cathy, korban setrika payudara. Namun, payudaranya tumbuh kembali setahun kemudian.

Lebih lanjut, Cathy mengatakan bahwa dirinya malu melakukan proses ini pada tubuhnya.

Cathy menambahkan prosesi menyetrika payudara ini tidak dapat mencegahnya agar tidak hamil pada usia 16 tahun dan meninggalkan sekolah.

Bahkan, kini dirinya harus menjalani operasi karena payudaranya rusak.

Lebih parahnya lagi, ia tidak dapat menyusui bayinya akibat kerusakan payudara ini.

Baca Juga: Potret Miris Kondisi Rumah Sakit Jiwa, Kumuh dan Tak Layak Pakai Namun Masih Digunakan Untuk Perawatan Pasien

Tidak ada hukum terkait praktik ini walaupun banyak usaha telah dilakukan oleh para penyintas dan agen-agen hak asasi manusia untuk meminta pemerintah melarang tindakan ini.

Tidak ada satu orang pun yang ditangkap ataupun dihukum di Kamerun karena menyetrika payudara. Ironinya, lebih dari empat juta anak perempuan sudah menjadi "korban".

Pada faktanya, proses ini mengakibatkan trauma dan kerusakan jaringan lunak yang berdampak pada efek jangka panjang.

Sebagian anak perempuan yang melewati proses ini bahkan memiliki ukuran payudara yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Baca Juga: Sang Suami Meninggal Akibat Virus Corona, Ibu Dua Anak ini Temukan Pesan Terakhir Untuknya di Ponsel, Isinya Bikin Banjir Air Mata

face2faceafrica
face2faceafrica

Tradisi Setrika payudara di Kamerun

Sekitar seribu perempuan di UK pada tahun 2016 dilaporkan melakukan praktik menyetrika payudara ini.

Dua orang ditahan di London dan Birmingham, tetapi tidak ada satu orang pun yang dihukum. Parlemen Inggris mendeskripsikan praktik ini sebagai kekerasan terhadap anak dan menyerukan agar hal ini dipidanakan.

Sejak tahun 2005, berbagai kampanye telah dilakukan untuk menghentikan praktik tersebut.

Organisasi RENATA dan jurnalis Kamerun, Chi Yvonne Leina mendirikan organisasi Gender Danger pada 2012 untuk memberantas praktik menyetrika payudara. (*)

Artikel ini pernah tayang di National Geographic Indonesia dengan Judul"Tradisi Menyetrika Payudara Agar Terhindar dari Kejahatan Seksual."

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : National Geographic Indonesia

Baca Lainnya