Beredar Isu Soal Pasien Sembuh Covid-19 Kebal Virus Corona, WHO: Tak Ada Bukti!

Senin, 27 April 2020 | 09:35
Shutterstock via Kompas

Ilustrasi masker

GridHype.ID - Isu yang menyebut bahwa pasien yang dinyatakan sembuh dai Covid-19 kebal terhadap virus corona dipatahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO).
WHO secara tegas memperingatkan bahwa orang yang sudah sembuh dari Covid-19, belum tentu kebal dari virus SARS-CoV-2 .
Bahkan bisa saja di kemudian hari dia terjangkit lagi.
Baca Juga: Sang Suami Meninggal Akibat Virus Corona, Ibu Dua Anak ini Temukan Pesan Terakhir Untuknya di Ponsel, Isinya Bikin Banjir Air Mata
"Belum ada bukti bahwa orang yang pernah terinfeksi Covid-19 tidak akan terinfeksi untuk kedua kalinya," kata WHO dalam laporan ilmiah yang dipublikasikan Jumat.
Seperti dilansir CNN, Sabtu (25/4/2020), pernyataan ini guna memperingatkan pemerintah suatu negara yang sedang mempertimbangkan mengeluarkan "sertifikat kebal virus corona" untuk dibagikan pada orang yang sudah sembuh dari Covid-19 dan dianggap mereka aman untuk melanjutkan kehidupan normal.
"Pada titik pandemi ini, tidak ada cukup bukti tentang efektivitas kekebalan yang dimediasi antibodi untuk menjamin keakuratan 'sertifikat kebal virus corona'," tegas WHO.
Maria Van Kerkhove dari WHO sebelumnya mengatakan tidak mengetahui apakah orang yang telah terpapar virus menjadi benar-benar kebal.
Laporan WHO yang baru terbit dan dilandasi pernyataan ilmiah menggarisbawahi tidak ada bukti bahwa orang yang sembuh dari Covid-19 memiliki kekebalan akan virus tersebut.
WHO memperingatkan, tes antibodi yang sudah dilakukan tidak cukup menunjukkan bahwa orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 menjadi kebal terhadap virus SARS-CoV-2.
Baca Juga: Kisah Gadis Kanibal Berusia 12 Tahun, Ceritakan Rasanya Memakan Otak dan Jantung Manusia ke Teman Sekolahnya
Mary Hayden, juru bicara IDSA dan Kepala Divisi Penyakit Menular di Rush University Medical Center mengatakan, pihaknya tidak mengetahui apakah pasien yang memiliki antibodi masih berisiko terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya
Hingga saat ini, saya pikir kita harus berasumsi bahwa mereka (pasien sembuh Covid-19) bisa terinfeksi ulang," ungkapnya.
Hayden juga mengatakan, hingga saat ini belum ada yang mengetahui antibodi dari Covid-19 yang muncul setelah sembuh memberikan perlindungan seperti apa.
Apakah perlindungan menyeluruh atau hanya parsial, dan berapa lama antibodi itu bertahan masih belum diketahui pasti.
Untuk itu, masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 dimohon tidak terburu-buru melakukan aktivitas normal. Tetap jaga jarak dan sebisa mungkin di rumah," ungkap Hayden.
Baca Juga: Biasa Minum 10 Gelas Kopi dalam Sehari Selama 7 Tahun, Wanita ini Alami Hal Mengerikan Pada Tubuhnya
Hal ini perlu dilakukan, agar orang yang sudah sembuh itu tidak menempatkan diri mereka ke risiko yang tidak perlu.
Karena seperti yang dijelaskan, hingga saat ini belum ada cukup bukti yang menyebut pasien sembuh Covid-19 kebal dari virus SARS-CoV-2.
(*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul WHO: Tak Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Kebal dari Virus Corona

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : kompas

Baca Lainnya