Virus Corona Bisa Bertahan Selama 10 Jam, Lakukan Hal ini Agar Virus Mati di Permukaan Pakaian

Minggu, 26 April 2020 | 13:05
www.freepik.com

14 Hari Langkah Kulit Sehat Day 10: Tips Mencuci Baju Untuk Mencegah Iritasi Kulit

Gridhype.id- Di tengah pandemi corona yang kian meresahkan ini, masyarakat dituntut agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Salah satunya dengan memperhatikan kebersihan baju yang kita gunakan sehari-hari.

Sebab virus corona jenis baru ini ternyata bisa bertahan di permukaan baju dan menyebabkan kontaminasi silang.

Baca Juga: Tak Hanya Susu Sapi, Berikut 8 Manfaat Susu Almond yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Salah Satunya Sebagai Anti Kanker

Untuk itu, kita dianjurkan rutin mencuci pakaian apalagi jika sering beraktivitas di luar rumah.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ahli dermatologi Alok Vij mengatakan seberapa sering kita harus mencuci pakaian tergantung pada seberapa banyak aktivitas di luar rumah yang kita lakukan.

"Ketika kitaa melakukan aktivitas di luar rumah, kita harus mengambil tindakan pencegahan dan berusaha semaksimal mungkin agar tidak membawa virus tersebut ke rumah," ucap dia.

Baca Juga: Dengar Suara Tangisan Misterius dari Dalam Sumur Tua yang Terbengkalai, Pria ini Terkejut Saat Dapati Mahkluk Hitam ini di Dalamnya

Jadi, usai beraktivitas di luar rumah kita harus segera mengganti pakaian untuk mencegah penularan.

"Saat kembali ke rumah, pastikan untuk melepas lapisan pakaian luar yang kita gunakan, terutama jika kita berada di dekat seseorang yang bersin dan batuk. Namun, kita tak harus segera mencucinya," ucapnya.

Riset menunjukan, virus corona dapat hidup selama 10 hingga 12 jam di permukaan logam.

Untuk permukaan benda yang memiliki pori-pori seperti kertas dan kain, virus tersebut tidak bertahan dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga: Selama ini Hanya Pangeran Harry dan William yang Terekspos, Benarkah Putri Diana Diam-Diam Miliki Seorang Anak Perempuan?

Namun, kita tetap harus berhati-hati dan tidak boleh meletakan pakaian kotor sembarangan atau memakainya saat berada di tempat tidur.

"Untuk meminimalisir risiko infeksi, kita harus segera melepas pakaian yang telah dipakai untuk beraktivitas dan menyimpannya dalam kerangjang cucian atau di bak mesin cuci," ucap Vij.

Sementara itu untuk mencuci pakaian, pastikan selalu menggunakan air dan detergen.

Pasalnya air dan bahan kimia dari deterjen akan sangat efektif untuk membunuh virus corona dan mengeluarkan virus-virus tersebut dari pakaian.

Baca Juga: Jangan Lagi Lakukan 10 Kesalahan ini Saat Mengisi Daya Ponsel, Bikin Handphone Cepat Boros dan Berumur Pendek

Setelah mencuci pakaian, kita harus segera mengeringkannya.

Jika kita menggunakan bantuan mesin untuk mengeringkan pakaian, kita tidak perlu mengeringkannya dengan pengaturan panas tertinggi.

Deterjen yang kita gunakan untuk mencuci pakaian sudah cukup membantu kita untuk menghilangkan kuman dan virus yang menyebabkan berbagai penyakit.

(*)

Artikel ini pernah tayang di GridHealth dengan judulAir dan Detergen Cegah Kontaminasi Virus Corona di Permukaan Baju

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya