Bukan N95, Masker dengan Jenis Kain Seperti ini yang Justru Disarankan Untuk Dipakai

Kamis, 09 April 2020 | 14:05
kdrv.com

Masker kain

Gridhype.id-Kinipemerintah Indonesia telah mewajibkan kita memakai masker kalau mau keluar rumah, sesuai dengan rekomendasi dari World Health Organizaion (WHO).

Hal ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalamrapat terbatas dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (6/4) lalu.

"Saya minta penyiapan masker ini sekarang ini betul-betul disiapkan dan diberikan kepada masyarakat karena kita ingin agar setiap warga yang harus keluar rumah wajib memakai masker karena di awal WHO menyampaikan yang pakai masker dulu hanya yang sakit, yang sehat enggak, tapi sekarang enggak semua yang keluar rumah harus pakai masker," ujar Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (6/4/2020).

Baca Juga: Kisah Tammy Saunders, Wanita yang Terserang Meningitis Hingga Harus Kehilangan Separuh Wajahnya

Jenis masker

Yang jadi pertanyaan, masker jenis apakah yang harus kita pakai? Apakah masker N95, masker operasi biasa, atau masker kain?

Well, aturan ini sudah pernah disampaikan olehJuru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, lho!

"Semua harus menggunakan masker. Masker bedah dan N95 hanya untuk tenaga kesehatan. Gunakan masker kain," katanya di Graha BNPB, Minggu (5/4/2020).

Menurut Centersfor Disease Control and Prevention,penggunaan masker kainmemperlambat penyebaran virus dan membantu orang yang memiliki virus biar enggak mudah menularkannya ke orang lain.

Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito juga menjelaskan jenis masker yang disarankan untuk masyarakat umum adalah masker kain, karena masker kain sebenarnya sudah cukup menangkal virus, yaitu sebesar 70%, sehingga sudah cukup efektif buat menangkal virus Corona.

Selain itu, Professor Wiku juga menerangkan bahwa masker kain sebaiknya memiliki tiga lapisan, karena akan lebih efektif dalam menangkap virus.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Gambar Pertama yang Kamu Lihat Akan Ungkap Seberapa Jeniusnya Kamu

Efektivitas masker

MengutipKompas.com,penelitian dariCambridge University mengungkapkan bahwamasker kain dua lapis ternyata belum efektif menangkal virus.

Lebih lengkapnya, para ahli sudah membandingkan efektivitas ragam bahan masker untuk menangkal kuman berukuran 0,02 mikron atau lima kali lebih kecil daripada ukuran virus corona sebesar 0,1 mikron.

Perbandingannya adalah:

Masker bedah: 89%

Lap dapur: 73%

Kain katun campuran: 70%

Linen: 62%

Sarung bantal: 57%

Kaus katun 100%: 51%

Intinya, kita bisa gunakan campuran bahan-bahan tersebut menjadi masker. Pastikan masker yang kita beli atau buat mengandung 3 lapisan yang bisa benar-benar menangkal virus.

Baca Juga: Olga Syahputra Hingga Glenn Fredly Meninggal Akibat Meningitis, ini 8 Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko Terserang Meningitis

Gunakan selama 4 jam

Yang enggak kalah penting adalah durasi pemakaiannya.

Menurut Yurianto, masker kain cuma bisa digunakan selama 4 jam. Setelah itu masker wajib dicuci, ditunggu hingga benar-benar kering, baru boleh dipakai kembali.

Makanya, kita wajib punya beberapa masker kain di rumah buat berjaga-jaga, ya!

(*)

Artikel ini telah tayang di Grid Health dengan judul "Jangan Salah, Hanya Jenis Masker ini yang Disarankan untuk Digunakan"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya