Dianggap Hina! Beginilah Nasib Disabilitas di Korea Utara, Dibuang dan Mati karena Kelaparan

Selasa, 07 April 2020 | 13:00
tangkap layar Mirror.UK via Intisari Online

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dikelilingi para militer wanita.

GridHype.ID - Kim Jong Un sebagai pemimpin tertinggi di Korea Utara sering memberikan kebijakan yang kontroversional.

Salah satunya adalah aturan mengenai penanganan warganya yang menderita cacat mental.

Diketahui dari seorang pembelot yang mengatakanKorea Utara secara sistematis 'membersihkan' populasinya dengan membuat mereka yang cacat mental atau fisik menghilang.

Ji Seong-ho, 32, melarikan diri dari Korea Utara setelah kehilangan kaki kirinya di atas lutut dan tangan kirinya di pergelangan tangan.

Baca Juga: Bikin Elus Dada! Seorang Anak Tega Bakar Rumah Orangtuanya karena Tak Dibelikan Motor, Ayahnya Cuma Buruh Tani dan Buta

Dia mengatakan bahwa orang cacat dianggap sebagai noda pada citra Korea Utara dan 'penghinaan' terhadap rezim yang berkuasa.

Ji, yang sedang meneliti sebuah buku tentang nasib orang cacat Korea Utara, mengatakan bayi dengan disabilitas dibawa pergi oleh staf rumah sakit, dan tidak pernah terlihat lagi, menurut laporan The Telegraph pada 2014.

Dia juga menambahkan bahwa anak-anak dengan kesulitan perkembangan diabaikan sampai mereka mati.

"Rezim menyatakan: 'Tidak ada orang cacat di bawah aturan Kim' dan 'semua orang adalah sama dan hidup dengan baik'," katanya.

Baca Juga: Kisah Haru Driver Ojol yang Ditipu Pelanggan dengan Iming Uang Rp700 Ribu, Rela Tempuh Purwokerto-Solo

"Dan sementara propaganda itu terjadi, anak-anak cacat dibawa pergi, menderita hal-hal yang tak terlukiskan dan sekarat."

Dia mengatakan dua pembelot lainnya telah memberitahunya tentang sebuah desa di pegunungan terpencil dan tidak ramah di Provinsi Ryanggang.

Siapa pun dengan dwarfisme (kelainan yang menyebabkan tinggi orang di bawah rata-rata) dikirim ke tempat itu.

"Mereka dilarang meninggalkan dan sepenuhnya ditinggalkan dengan peralatan mereka sendiri, tanpa bantuan dari luar (orang-orang)," katanya.

"Orang-orang dikebiri sehingga mereka akan punah. Tidak ada yang tersisa di sana sekarang."

Baca Juga: Tak Lakukan Lockdown Seperti China dan Italia, Korea Selatan Malah Sukses Hambat Virus Corona dengan Cara Lain

Komisi PBB mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka telah mendengar tuduhan bahwa percobaan medis dilakukan di 'rumah sakit tertutup' pada 'orang cacat'. Tetapi pernyataan itu belum berhasil mengkonfirmasi klaim.

Dalam sebuah studi terpisah, yang dilakukan pada 2013 oleh Citizens 'Alliance tentang Hak Asasi Manusia Korea Utara, sekitar 40 persen pembelot mengatakan mereka percaya bahwa bayi penyandang cacat terbunuh atau ditinggalkan dan 43 persen mengaku tahu 'pulau' di mana orang cacat dipaksa untuk tinggal.

Salah satu pembelot menceritakan tentang sebuah rumah sakit tempat orang cacat dikirim "untuk tes medis, seperti pembedahan bagian tubuh, serta tes senjata biologi dan kimia."

Seorang mantan perwira pasukan khusus Korea Utara, yang membelot pada 1990-an setelah menonton tes senjata kimia dan biologi pada anak-anak dan orang dewasa yang cacat, mengatakan kepada The Telegraph tentang program tersebut.

Baca Juga: Double Manfaat! Intip Yuk Tips agar Wajah Bebas Jerawat Sekaligus Terhindar dari Virus Corona

"Rezim ingin melakukan ini 'secara hukum' sehingga mereka menawarkan untuk membeli anak-anak cacat dari orang tua mereka dan mereka (rezim) mengatakan akan merawat mereka (orang tua)," kata Im Cheon-yong.

"Jika (cara) itu tidak berhasil, mereka (rezim) mengancam mereka (orang tua). Mereka menggunakannya untuk percobaan senjata kimia," katanya. "Tapi tidak hanya anak-anak, mereka juga menggunakan orang dewasa yang cacat."

Im mengatakan dia pertama kali melihat tes tersebut, yang melibatkan anthrax dan senjata kimia lainnya, pada tahun 1984.

Ji Seong-ho kehilangan anggota tubuhnya pada usia 14 setelah dia pingsan karena kelaparan mencari batubara di rel kereta api dan ditabrak kereta api.

Baca Juga: Tak Takut Ribut, Nikita Mirzani Blak-blakkan Bongkar Nama Artis yang Punya Barang-barang KW

Ketika dia jatuh, kereta menabrak lengan dan kaki kirinya dan staf stasiun terdekat mengangkatnya ke gerobak dorong dan membawanya ke rumah sakit terdekat.

"Saya perlu operasi, tetapi mereka tidak punya anestesi," katanya.

"Saya ingat dokter membawa saya ke ruang operasi dan mereka harus menahan saya saat mereka mengoperasi. Saya bisa mendengar gergaji menembus tulang-tulang saya."

Setelah operasi, staf rumah sakit memberinya rokok sebagai penghilang rasa sakit, meskipun kakinya terinfeksi dan membutuhkan amputasi kedua, kali ini di atas lutut. Sekali lagi, tidak ada obat bius.

Lima belas hari kemudian, Ji dipulangkan dari rumah sakit karena mereka tidak bisa merawatnya lagi.

Baca Juga: Kisah Rebeca Barker, Wanita yang Alami Kecanduan Berhubungan Intim, Sehari 5 Kali Bahkan Tak Cukup

Dia diizinkan menyeberang ke Tiongkok pada tahun 2000 untuk meminta makanan, namun dia ditangkap saat kembali dan diinterogasi selama lebih dari dua minggu.

"Saya bertanya mengapa," kata Ji. "Mereka mengatakan kepada saya bahwa karena saya dinonaktifkan, saya telah melukai martabat Korea Utara dengan pergi ke China untuk mengemis dan bahwa saya telah mempermalukan Kim Jong-il. Mereka mengatakan kepada saya orang-orang di Korea Utara bahagia sehingga beraninya saya pergi ke sana (China) dan jadilah seorang pengemis.

"Mereka mengatakan orang-orang seperti saya harus mati saja," tambahnya. "Itu benar-benar menyakitkan."

Hari ini (di tahun 2014), dia dijadwalkan untuk berpidato di Parlemen, setelah melakukan protes pada awal minggu di luar kedutaan Korea Utara di London tentang hak-hak orang cacat.

Baca Juga: Peneliti Banyak Temukan Pasien Positif Virus Corona Tanpa Gejala, Kira-kira Berapa Lama Covid-19 Bisa Menular pada Orang?

"Rezim mengklaim bahwa hak-hak penyandang cacat di Korea Utara dihormati dan mereka mengirim atlet ke Asian Paralympic Games di Incheon awal tahun ini, tapi itu semua hanya sekedar pembalut-jendela," katanya.

"Kenyataannya mengerikan," tambahnya. "Pada tahun-tahun kelaparan di tahun 1990-an, orang cacat tidak mendapat jatah makanan karena mereka tidak bisa bekerja dan bukan anggota masyarakat yang produktif. Sebanyak 80 persen orang cacat hanya mati kelaparan."

"Rezim berasumsi bahwa kita tidak berguna dan itu adalah pesan yang mereka sampaikan kepada masyarakat," katanya.

"Seorang bayi lahir di dekat rumah saya dengan kaki cacat. Ia meninggal ketika berusia 1 tahun.

Baca Juga: Melihat Ada Keanehan di Mulut Ikan Arwana yang Baru di Belinya, Saat Dibuka Pria ini Terkejut Dapati Sesuatu yang Bisa Membuatnya Kaya Mendadak

"Orang-orang di Korea Utara masih mengalami kesulitan bertahan sehingga mereka tidak dapat merawat orang cacat," tambahnya dengan mengangkat bahu.

Ji akhirnya memutuskan untuk membelot pada 2006 dan mampu mencapai Korea Selatan dan, tak lama kemudian, membantu ibunya dan adik laki-laki dan perempuannya mencapai Seoul.

Ayahnya, seorang penambang batu bara, juga mencoba membelot tahun itu, tetapi ditangkap, dikirim ke penjara dan meninggal saat disiksa.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Tak Tanggung-tanggung Kejamnya, Beginilah 'Pelenyapan' Warga Disabilitas di Korea Utara, Didepak ke Daerah Terpencil hingga Dijadikan Eksperimen Senjata Kimia

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya