Mengintip Penjara ESP di Philadelphia, Penjara Paling Berhantu di Dunia, Tempat 'Roh yang Disiksa' Terpenjara di Dalamnya

Rabu, 25 Maret 2020 | 21:00
onlyinyourstate.com

Misteri Penjara Paling Berhantu di Dunia, Tempat 'Roh Disiksa' Terpenjara

Gridhype.id-Eastern State Penitentiary (ESP) atau Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Timur ini menjadi salah satu penjara paling berhantu di dunia.

ESP merupakan bekas penjara yang ada di Philadelphia, Pennsylvania yang aktif antara 1829 dan 1971.

Penjara ini diyakini dihantui oleh arwah para tahanannya, bahkan banyak paranormal menyatakan bahwa ESP adalah pusat bagi roh-roh yang tersiksa di dunia lain.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, ini Perbedaan Batuk Karena Gejala Corona dengan Batuk Biasa

Roh-roh mereka terpenjara di dalamnya.

Penjara dibangun dengan desain roda gerobak, dengan menara pusat yang menghadap delapan blok sel yang terpancar ke arah yang berbeda.

Pada saat penyelesaiannya, penjara itu adalah struktur publik termahal yang pernah dibuat, dan desainnya kemudian disalin untuk membuat 300 penjara lain di seluruh dunia.

Baca Juga: Berprofesi Sebagai Dokter, Istri Mendiang Bani Seventeen Ungkap Curhatan Pilu Saat Berjuang Melawan Corona Sebagai Tenaga Medis

Mysterious facts
Mysterious facts

Bentuk penjara menyerupai roda gerobak

Ada ratusan narapidana di ESP yang diisi setiap saat selama operasinya.

Banyak penjahat terkenal dijatuhi hukuman di sini termasuk Willie Sutton, Al Capone, serta James Bruno, alias Big Joe.

'Neraka di Bumi'

Tujuan asli sistem penjara adalah untuk mengisolasi tahanan agar mereka dapat merefleksikan diri mereka sendiri dan menemukan Tuhan.

Tetapi ada kekurangan kontak manusia yang berkontribusi untuk membuat orang waras menjadi gila.

Para tahanan ditahan di sel-sel terisolasi dengan hanya satu jam sehari keluar dari sel mereka, dan itu juga dengan topeng tebal di kepala mereka.

Sebelumnya, topeng ini bahkan tidak memiliki lubang mata. Lubang mata itu kemudian ditambahkan pada awal 1900-an.

ESP benar-benar tempat yang mengerikan dan dikenal sebagai "Neraka di Bumi", sedemikian rupa sehingga banyak tamu, wisatawan, dan penyelidik merasakan kehadiran dan getaran gelap yang diberikan oleh ESP.

Ada juga penampakan bertubuh penuh dengan karung di atas kepala mereka yang berkeliaran tanpa tujuan telah dilihat oleh banyak saksi mata.

Baca Juga: Dari Jahe Hingga Peppermint, 15 Herbal ini Punya Aktivitas Antivirus yang Kuat, Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit Hingga Virus

Di dalam sel

Di dalam setiap sel, para tahanan mendapat tempat tidur, meja, toilet, dan Alkitab. Mereka terputus dari kemanusiaan karena tidak ada interaksi antara narapidana atau dengan penjaga.

Para tahanan mendapat satu jam untuk keluar sel tetapi harus mengenakan tudung hitam di atas kepala.

Hanya ada celah di langit-langit di sana yang membawa sedikit sinar matahari dan dikenal sebagai "The Eye Of God".

Bagi mereka yang benar-benar menginginkan untuk interaksi manusia, menempelkan pipa dan berbisik melalui ventilasi adalah pilihan tetapi jika tertangkap akan menyebabkan beberapa konsekuensi brutal.

Mysterious facts
Mysterious facts

Kondisi salah satu sel

Baca Juga: 5 Cara ini Bisa Kamu Lakukan Agar Rumah Terbebas dari Virus Corona, Salah Satunya Membuka Tirai Agar Sinar Matahari Masuk

Hukuman sekaligus penyiksaan

Tidak seperti sekarang, para penjaga di penjara Pennsylvania tidak bertanggung jawab atas kesejahteraan tahanan mereka, itulah sebabnya beberapa hukuman yang benar-benar mengerikan dilakukan bagi mereka yang melanggar aturan.

-Iron Gag

Ini adalah hukuman paling mematikan yang digunakan di mana ada kerah besi dijepit di lidah tahanan. Kerah ini melekat pada pergelangan tangan yang terletak tinggi di belakang.

Setiap gerakan tangan menyebabkan robekan dan pendarahan hebat pada lidah. Hukuman ini diperuntukkan bagi mereka yang tertangkap berkomunikasi dan menyebabkan banyak tahanan meninggal karena kehilangan banyak darah.

-Pemandian Air

Hukuman ini membuat narapidana dicelupkan ke dalam pemandian air sedingin es lalu digantung di dinding sepanjang malam sampai pagi sehingga lapisan es akan terbentuk di kulit.

-Kursi Gila

Hukuman ini membuat tahanan diikat ke kursi dengan tali kulit yang diikat erat. Tali pengikatnya sangat ketat sehingga tidak mungkin untuk gerakan sekecil apapun, menyebabkan aliran darah yang tidak cukup ke bagian-bagian tubuh, sering menyebabkan diamputasi.

Para tahanan akan dipaksa duduk selama berhari-hari tanpa makanan, menyebabkan banyak orang kehilangan akal dan menjadi gila.

-Lubang

Mysterious facts
Mysterious facts

Lubang, salah satu hukuman bagi narapidana

Ini adalah lubang tanah di bawah Sel Blok 14 dan di mana para tahanan yang tak dapat ditebus dikunci selama berminggu-minggu dengan sedikit udara dan tanpa cahaya.

Para tahanan dilemparkan sepotong roti dan air dari atas untuk bertahan hidup di lingkungan yang keras di mana terdapat tikus dan kecoak.

Seorang tokoh terkenal yang mengunjungi penjara pada tahun 1840-an adalah Charles Dickens yang menemukan kondisi yang mengerikan dengan para tahanan yang "dikubur hidup-hidup".

Dia secara terbuka menyebutkan tentang berbagai cara para tahanan menghadapi siksaan psikologis oleh para penjaga.

Pada 1913, penjara ditemukan memiliki kondisi yang tidak dapat diterima, dan Sistem Pennsylvania dihilangkan dengan penjara akhirnya ditutup pada 1971.

Baca Juga: Masih Menjanda Pasca Bercerai dengan Ahok, Intip Hunian Minimalis Veronica Tan Peninggalan Mantan Suaminya, Miliki Fasilitas Lengkap dan Mewah

Kisah ESP Berhantu

Setelah penjara ditutup pada tahun 1971, ada beberapa cerita tentang penjara yang dihantui oleh hantu dan roh para tahanan lama yang menjadi gila karena penyiksaan mental dan fisik yang berlebihan yang mereka derita.

Ada banyak cerita tentang suara menakutkan yang telah didengar oleh staf, penjaga, dan tahanan serta pengunjung yang berasal dari tahun 1940-an, menjadikan ini salah satu lokasi paling berhantu di dunia.

Salah satu insiden paranormal terbesar yang terjadi di ESP adalah tukang kunci bernama Gary Johnson.

Dia sedang berupaya memulihkan Cell Block 4 dengan melepas kunci berusia 140 tahun dari pintu sel yang terkunci.

Ketika dia mencoba membuka pintu sel, dia menjelaskan bahwa ada kekuatan kuat yang melumpuhkannya.

Dia juga menyatakan bahwa dia merasakan seolah-olah rohnya keluar dari tubuh ketika dia tertarik ke sel yang penuh dengan energi negatif dengan ratusan wajah sedih dan bentuk-bentuk terdistorsi yang muncul di dinding sel.

Ada yang percaya bahwa Johnson membuka pintu gerbang bagi hantu dan arwah yang terkunci di dalam sel. Ketika diwawancarai bertahun-tahun kemudian, pria itu masih akan bergidik ketakutan memikirkan ruang sel di Blok 4.

Sekarang, pengunjung dapat mengunjungi ESP di mana beberapa orang dilaporkan mendengar tawa, menangis, dan berbisik dari dinding penjara.

Menurut Asisten Direktur Program Brett Bertolino, ada sekitar dua lusin penyelidikan ke paranormal di Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Timur setiap tahun dengan hampir selalu menemukan beberapa bukti aktivitas paranormal. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,“Misteri Tempat Tahanan Paling Berhantu di Dunia, Tempat 'Roh yang Disiksa' Terpenjara di Dalamnya”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya