Ilmuwan China Ungkap Rahasia Covid-19 Hilang Tak Bersisa dengan Cara ini, Bisa Diterapkan di Indonesia?

Rabu, 25 Maret 2020 | 17:00
Freepik.com

Ilustrasi corona

Gridhype.id- Penyebaran virus corona di Indonesia semakin meluas.

Kini jumlah kasus virus corona sudah mencapai angka 686 orang pada Selasa (23/03/2020) dengan jumlah korban meninggal sebanyak 55 orang.

Munculnya virus corona di berbagai belahan dunia, membuat WHO menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Baca Juga: Dari Jahe Hingga Peppermint, 15 Herbal ini Punya Aktivitas Antivirus yang Kuat, Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit Hingga Virus

Khususnya di Indonesia sendiri, virus ini juga telah ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pihak pemerintah terkait.

Lantaran kasus yang positif terus meningkat, menjadikan pihak pemerintah memberikan kebijakan untuk social distancing, menjaga kesehatan, dan selalu waspada akan wabah ini.

Namun baru-baru ini terdapat ilmuwan China yang mengungkap rahasia kapan virus corona ini berakhir dan caranya.

Dilansir dari Gridhealth.id, Ada seorang ilmuwan mengatakan bahwa wabah virus Corona di China bisa berakhir pada bulan Juni ini.

Baca Juga: Bisa Menghambat Kehamilan, Jangan Lagi Lakukan 6 Kesalahan ini Saat Berhubungan Intim

Pasalnya, hingga kini wabah virus Corona sudah melewati masa puncaknya dan kasus virus Corona di Hubei, tempat virus tersebut pertama kali muncul semakin menurun.

"Secara umum, puncak epidemi telah berlalu untuk China," kata Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional.

"Peningkatan kasus baru sedang menurun," lanjutnya.

Di sisi lain penasihat medis senior pemerintah China, Zhong Nanshan mengatakan bahwa selama negara-negara menanggapi wabah dengan serius.

Baca Juga: 5 Cara ini Bisa Kamu Lakukan Agar Rumah Terbebas dari Virus Corona, Salah Satunya Membuka Tirai Agar Sinar Matahari Masuk

Dan kini mereka siap untuk mengambil tindakan tegas, itu bisa meluas ke seluruh dunia dalam hitungan bulan.

Oleh karenanya, ahli China tersebut mengungkap rahasia agar virus Corona ini bisa hilang tak tersisa pada bulan Juni.

"Saran saya menyerukan semua negara untuk mengikuti instruksi WHO dan melakukan intervensi pada skala nasional," katanya.

"Jika semua negara bisa dimobilisasi, virus Corona bisa berakhir pada Juni."

Zhong, seorang ahli epidemiologi berusia 83 tahun yang terkenal karena membantu memerangi wabah SARS pada 2003 itu, mengatakan virus dalam keluarga yang sama biasanya menjadi kurang aktif di bulan-bulan hangat, yang dapat membantu memperlambat penyebaran.

Baca Juga: Jangan Lagi Disepelekan, ini Alasan Kenapa Menstruasi Tiba-Tiba Selesai Lebih Cepat

"Perkiraan saya bulan Juni didasarkan pada skenario bahwa semua negara mengambil tindakan positif. Tetapi jika beberapa negara tidak melakukan ini, virus akan bertahan lebih lama."

Dengan pelambatan yang ditandai dari penyebaran virus di China, banyak bisnis yang mulai kembali dijalankan dengan hati-hati.

Provinsi Hubei mengumumkan pada hari Kamis pelonggaran lebih lanjut dari pembatasan perjalanan, dan juga akan memungkinkan beberapa industri untuk melanjutkan produksi di dua kota dan dua kabupaten.

Ekonomi Hubei, didorong oleh manufaktur dan perdagangan, termasuk sektor otomotif yang cukup besar di ibukota provinsi, Wuhan, sebelumnya sudah tutup sejak 23 Januari.

Baca Juga: Gambar yang Pertama Kali Kamu Lihat Akan Ungkap Sifat dan Karakter Aslimu Melalui Cara Berpikir

Sementara virus ini menyebar dengan cepat secara global, kemajuannya di China telah melambat dalam tujuh hari terakhir.

Surat kabar Partai Komunis yang berkuasa, People's Daily, memperingatkan dalam sebuah tajuk rencana bahwa sementara jumlah kasus virus baru di China turun, kondisinya masih sulit dan ada risiko lebih banyak wabah diimpor dari luar China.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Ilmuwan China Ungkap Rahasia Virus Corona Hilang Tak Bersisa dan Caranya, Ikuti Instruksi WHO

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : TribunStyle, Gridhealth.id

Baca Lainnya