Jangan Keliru, Tidak Ada Istilah Diabetes Kering, Namun Kamu Harus Tahu 7 Tanda Peringatan Diabetes Berikut ini

Senin, 24 Februari 2020 | 12:00
tribunnews

Jangan Keliru, Tidak Ada Istilah Diabetes Kering, Namun Kamu Harus Tahu 7 Tanda Peringatan Diabetes Berikut ini

Gridhype.id– Berdasarkan data terbaru dariCenters for Disease Control and Prevention (CDC), lebih dari 100 juta orang dewasa di Amerika hidup dengan prediabetes atau diabetes tipe 2.

Tetapi jumlah orang yang tahu mereka memiliki penyakit, yang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti kebutaan dan penyakit jantung, jauh lebih rendah.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) memperlihatkan peningkatan angka prevalensi Diabetes yang cukup signifikan, yaitu dari 6,9% di tahun 2013 menjadi 8,5% di tahun 2018.

Baca Juga: Coba Makan 1 Siung Bawang Putih Mentah Setiap Pagi Saat Perut Kosong, dan Rasakan Manfaatnya yang Luar Biasa ini, Penderita Diabetes Sangat Dianjurkan

Di antara orang-orang dengan diabetes, 7,2 juta bahkan tidak tahu mereka memilikinya, dan semakin banyak orang muda didiagnosis dengan prediabetes dan diabetes tipe 2.

Prediabetes ditandai oleh kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal - meskipun tidak cukup tinggi untuk memenuhi syarat sebagai diabetes.

Kondisi ini sering menyebabkan diabetes tipe 2 dalam waktu lima tahun jika tidak diobati melalui modifikasi pola makan dan gaya hidup.

Belum lagi, kita sering kali mendengar istilah diabetes kering, di mana ini ditunjukkan dari luka yang diderita penderita diabetes apakah cepat mengering atau tidak.

Dalam dunia medis, tidak ada istilah diabetes kering atau basah.

Baca Juga: Diabetes Hingga Menstruasi, Berikut 11 Manfaat Luar Biasa dari Mengkonsumsi Daun Air Rebusan Daun Salam

Jenis diabetes yang dikenal dalam medis, adalah diabetes tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional, yang biasa dialami oleh ibu hamil.

Diabetes melitus atau diabetes tipe dua adalah penyakit yang sangat terkait dengan gaya hidup, yakni pola makan, olahraga, kegemukan, dan pola tidur.

Diabetes tipe 2, yang sering didiagnosis ketika seseorang memiliki A1C setidaknya 7 pada dua kesempatan terpisah, dapat menyebabkan masalah yang berpotensi serius, seperti neuropati, atau kerusakan saraf; masalah penglihatan; peningkatan risiko penyakit jantung; dan komplikasi diabetes lainnya. A1C seseorang adalah rata-rata kadar gula darahnya dua hingga tiga bulan.

Menurut Mayo Clinic, dokter dapat menggunakan tes lain untuk mendiagnosis diabetes.

Sebagai contoh, mereka dapat melakukan tes glukosa darah puasa, yang merupakan tes glukosa darah yang dilakukan setelah malam puasa.

Baca Juga: Jangan Minum Air Putih Sebelum Tidur, Bisa Picu Diabetes Hingga Jantung, ini Waktu yang Tepat Untuk Mengkonsumsinya

Sementara kadar gula darah puasa kurang dari 100 miligram per desiliter (mg/dL) normal, yang antara 100 hingga 125 mg/dL menandakan pradiabetes, dan pembacaan yang mencapai 126 mg/dL pada dua kesempatan terpisah berarti Anda memiliki diabetes.

Orang dengan diabetes tipe 2 tidak dapat menggunakan hormon insulin dengan benar, dan memiliki apa yang disebut resistensi insulin.

Insulin diperlukan untuk glukosa, atau gula, untuk masuk dari darah Anda ke sel Anda untuk digunakan sebagai energi.

Ketika tidak ada cukup insulin, atau ketika hormon tidak berfungsi sebagaimana mestinya, glukosa menumpuk di dalam darah alih-alih digunakan oleh sel.

Akumulasi gula ini dapat menyebabkan komplikasi yang disebutkan di atas.

Baca Juga: Diabetes Hingga Kanker, Siapa Sangka Daun Kelor yang Dipercaya Bisa

Anda dapat membantu menilai peluang Anda terkena diabetes tipe 2 dengan meminta tes A1C dari dokter Anda, serta dengan berbicara dengan keluarga Anda tentang riwayat kesehatan mereka dengan penyakit ini, karena genetika Anda dapat memengaruhi risiko diabetes Anda.

Faktor risiko lain dari diabetes tipe 2 termasuk obesitas, tidak aktif, usia tua, riwayat pribadi diabetes gestasional, dan ras, menurut Mayo Clinic.

Misalnya, jika Anda adalah keturunan Hispanik, Afrika-Amerika, atau Asia-Amerika, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Namun demikian, Anda dapat mencegah prediabetes dan diabetes tipe 2 dengan mempertahankan berat badan yang sehat; mengikuti diet sehat yang kaya akan biji-bijian, buah, sayuran, dan protein tanpa lemak; cukup tidur; dan berolahraga secara teratur.

Tetapi mencegah penyakit agar tidak berkembang jika Anda sudah memilikinya memerlukan terlebih dahulu untuk dapat menemukan tanda-tanda dan gejala diabetes ketika muncul.

Meskipun beberapa gejala diabetes tipe 2 mungkin tidak pernah muncul, Anda dapat mewaspadai tanda-tanda umum penyakit berikut dan memberi tahu dokter Anda, terutama jika Anda memiliki faktor risiko umum untuk diabetes.

Juga perlu diingat bahwa sementara kebanyakan tanda-tanda diabetes tipe 2 adalah sama pada pria dan wanita, ada beberapa perbedaan.

Baca Juga: 5 Tes Kesehatan ini Bisa Kamu Lakukan Sendiri dan Mampu Deteksi Penyakit Serius Mulai dari Stroke Hingga Diabetes

Apa Gejala Awal Diabetes Tipe 2?

Sering berkemih bisa berkaitan dengan diabetes

Ketika ada kelebihan glukosa dalam darah, seperti halnya diabetes tipe 2, ginjal bereaksi dengan mengeluarkannya dari darah dan masuk ke urin.

Hal ini menghasilkan lebih banyak produksi urin dan kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering, serta peningkatan risiko infeksi saluran kemih (ISK) pada pria dan wanita.

Orang dengan diabetes tipe 2 dua kali lebih mungkin untuk mendapatkan ISK dibandingkan orang tanpa penyakit, dan risikonya lebih tinggi pada wanita daripada pria.

Jika melihat kamu harus pergi ke kamar mandi lebih sering daripada sebelumnya - termasuk mungkin perlu bangun setiap beberapa jam di malam hari untuk buang air kecil - dan Anda tampaknya memproduksi lebih banyak urin saat Anda pergi, bicarakan dengan dokter Anda tentang apakah Anda bisa menderita diabetes tipe 2.

Baca Juga: Ngeri! Derita Diabetes dan Hipertensi, Pria ini Tiba-Tiba Meledak dan Terbakar Karena Reaksi Kimia di Tubuhnya

Haus yang meningkat atau mulut kering mungkin menandakan diabetes

Glukosa darah tinggi membentuk semacam efek domino dalam tubuh Anda. Gula darah tinggi menyebabkan peningkatan produksi urin dan kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering. Sering buang air kecil menyebabkan Anda kehilangan banyak cairan dan menjadi dehidrasi.

Akibatnya, Anda membangun mulut kering dan merasa haus lebih sering.

Jika Anda memperhatikan bahwa Anda minum lebih banyak dari biasanya, atau mulut Anda sering terasa kering dan Anda merasa haus lebih sering, ini bisa menjadi tanda-tanda diabetes tipe 2.

Diabetes yang tidak terkontrol dapat memicu penurunan berat badan yang tidak terduga

Ketika Anda menderita diabetes tipe 2, sel-sel Anda tidak mendapatkan cukup glukosa, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan berat badan.

Juga, jika Anda buang air kecil lebih sering karena diabetes yang tidak terkontrol, Anda mungkin kehilangan lebih banyak kalori dan air, yang mengakibatkan penurunan berat badan.

Baca Juga: 10 Tanda Pada Kaki ini Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan Serius, Mulai dari Diabetes Hingga Jantung!

Merasa lapar setiap saat juga mungkin menjadi hejala diabetes

Orang dengan diabetes tipe 2 memiliki resistensi insulin, yang berarti tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik untuk membantu glukosa masuk ke dalam sel.

Pada orang dengan diabetes tipe 2, insulin tidak bekerja dengan baik di otot, lemak, dan jaringan lain, sehingga pankreas Anda (organ yang membuat insulin) mulai mengeluarkan lebih banyak untuk mencoba dan menggantinya.

Ini menghasilkan kadar insulin yang tinggi di dalam tubuh. Tingkat insulin ini mengirimkan sinyal ke otak bahwa tubuh Anda lapar.

Baca Juga: Diabetes Hingga Menstruasi, Berikut 11 Manfaat Luar Biasa dari Mengkonsumsi Daun Air Rebusan Daun Salam

Nyeri kaki dan mati rasa mungkin menjadi tanda neuropati diabetik

Seiring waktu, paparan gula darah tinggi dalam waktu lama dapat merusak saraf di seluruh tubuh, suatu kondisi yang disebut neuropati diabetik. Beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala kerusakan, sementara yang lain mungkin merasakan mati rasa, kesemutan, atau rasa sakit di ekstremitas.

Pada awalnya, neuropati diabetik biasanya dimulai di kaki dan kemudian berlanjut ke atas.

Meskipun paling umum pada orang yang menderita diabetes tipe 2 selama 25 tahun atau lebih, itu dapat terjadi pada orang yang memiliki pradiabetes juga.

Dalam beberapa penelitian, hampir 50 persen neuropati perifer yang tidak dapat dijelaskan (di ekstremitas), apakah menyakitkan atau sebaliknya, ternyata disebabkan oleh pradiabetes atau diabetes.

Baca Juga: Jangan Lagi Lakukan Hal ini di Rumah, Karena Bisa Membahayakan Kesehatan Si Kecil

Infeksi yang sering dan masalah kesehatan feminin dapat berarti diabetes

Karena jamur dan bakteri berkembang biak lebih cepat ketika kadar gula darah meningkat, wanita dengan diabetes secara keseluruhan berisiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan feminin, seperti infeksi bakteri, infeksi ragi, dan sariawan vagina, terutama ketika gula darah tidak terkontrol dengan baik.

Dan kurangnya kesadaran tentang pradiabetes atau diabetes dapat membuat pengelolaan gula darah menjadi tidak mungkin.

Pada pria dan wanita, infeksi kaki juga merupakan gejala umum, karena penyakit ini dapat merusak arsitektur kaki, termasuk kulit, pembuluh darah, dan saraf.

Tetapi Einhorn mengatakan masalah kaki biasanya lebih sering terlihat pada mereka yang menderita diabetes lanjut.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! 7 Kondisi Darah Menstruasi ini Bisa Jadi Indikasi Kesehatan Tubuh Kita

Penglihatan yang buram bisa menjadi hasil perubahan gula darah cepat

Lensa mata adalah membran fleksibel yang tergantung oleh otot yang mengubah bentuk lensa untuk memfokuskan mata.

Dalam lingkungan gula tinggi, seperti diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol, kemampuan lensa untuk menekuk diubah.

Meskipun lensa tidak rusak, otot-otot mata harus bekerja lebih keras untuk fokus.

Penglihatan kabur terjadi ketika ada perubahan cepat dalam gula darah, dari rendah ke tinggi atau tinggi ke rendah, dan otot-otot mata belum beradaptasi dengannya.

Penglihatan kabur adalah salah satu tanda peringatan dini diabetes tipe 2.

Tubuh kemudian beradaptasi dengan kadar gula, dan penglihatan Anda akan kembali normal. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul, Tidak Ada Diabetes Kering, Tapi Waspadai 7 Tanda Peringatan Diabetes Ini

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya