Usianya Diperkirakan Mencapai 250 Tahun, Intip Pesona The Great Banyan, Pohon Beringin Terbesar di Dunia Hingga Menyerupai Hutan

Senin, 17 Februari 2020 | 15:05
steemit.com

The Great Banyan

Gridhype.id- Ada banyak jenis tanaman yang unik di berbagai penjuru dunia.

Salah satunya India yang memiliki pohon beringin raksasa yang ada di Taman Botani India acharya Jagadish Chandra Bose.

Bahkan daun dan cabang pohon beringin itu terus tumbuh hingga membentuk layaknya hutan.

Membentang lebih dari 14.493 meter persegi, pohon itu adalah yang terluas di dunia — begitu besarnya sehingga lebih luas dibandingkan rata-rata Wal-Mart.Tidak ada yang tahu pasti berapa usia pohon beringin ini karena kurangnya catatan resmi, tetapi para ahli memperkirakan bahwa pohon itu setidaknya berusia 250 tahun.

Baca Juga: Sejak Jadi Istri Perwira TNI, Artis FTV ini Bak Hilang di Telan Bumi, Rela Tinggalkan Dunia Hiburan dan Selalu Tampil Bersahaja, Begini Kondisinya Sekarang

Biswarup Ganguly / Wikimedia Commons / Odiity Central
Biswarup Ganguly / Wikimedia Commons / Odiity Central

Intip Pesona The Great Banyan, Pohon Beringin Terbesar di Dunia Hingga Terlihat Seperti Hutan

Referensi paling awal tentang pohon ini adalah pada abad ke-19. Selama bertahun-tahun, pohon itu telah melalui banyak hal.

Tidak hanya selamat dari 2 siklon besar pada tahun 1864 dan 1867, tetapi akar gantung utamanya juga terinfeksi dengan jamur mematikan.Infeksi ini membuat akar gantungnya perlu dipangkas pada tahun 1925.

Meski begitu, pohon beringin ini terbukti tangguh dan terus tumbuh hingga sekarang.Ini karena ribuan akar gantungnya dari cabang-cabang pohon yang masuk ke tanah.

Baca Juga: Hindari Menyimpan Obat di Kulkas, Bocah Asal Malaysia Pingsan Hingga Koma Usai Minum Obat yang Disimpan di Kulkas, ini Kata Dokter

indiatimes.com
indiatimes.com

Hutan yang terbentuk dari akar tanaman The Great Banyan

Inilah yang memberi kesan pohon beringin ini lebih dari satu pohon dan membentuk hutan sendiri."Dalam 30 tahun, The Great Banyan Tree telah tumbuh lebih dari dua hektar," jelas Arabinda Pramanick, direktur bersama dari kebun raya dikutip dari Odditycentral.com."Batas pertama dibangun di sekitar pohon pada tahun 1985 dan yang kedua pada tahun 2015. Kami memiliki beberapa ruang terbuka di sekitarnya untuk itu tumbuh lebih jauh," tambahnya.Perawatan pohon beringin ini juga sangat rumit sehingga membutuhkan sebanyak 13 orang petugas.

Baca Juga: Nagita Slavina Dikira Tak Mampu Beli Hingga Dicuekin Pedagang Karpet di Moroko, Asisten: 'Dia Bisa Beli Apa Aja Termasuk Tokonya!

Mereka tidak hanya memastikan pohon tetap sehat, tetapi juga mengarahkan akar untuk tumbuh dengan benar.Dalam budaya India, pohon beringin termasuk yang paling dihormati.

Pohon beringin dianggap sebagai pohon suci dalam berbagai agama; misalnya, dalam agama Hindu melambangkan umur panjang dan mewakili pencipta ilahi, Brahma.Dalam agama Buddha, pohon beringin juga penting karena diyakini Buddha duduk di bawahnya selama 7 hari setelah mencapai pencerahan.

Baca Juga: Mulan Jameela Dituntut 10 Miliar Karena 'Rebut' Kursi Orang di DPR, Denny Darko Justru Sebut Akan Ada Badai yang Lebih Besar di Kehidupan Istri Ahmad Dhani

Nah, jika Anda berkunjung ke India sempatkan untuk melihat keindahan pohon beringin ini.Lokasi Taman Botani sangat mudah diakses menggunakan mobil atau bus dari pusat kota Kolkata.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara September dan Maret; pada saat ini, matahari tidak terlalu menyengat.Selain pohon beringin terbesar di dunia ini, ada banyak tanaman eksotis dari seluruh dunia, menjadikannya sebuah perjalanan yang luar biasa untuk memulai. (*)Artikel ini pernah tayang di Intisari Online dengan judulInilah Pohon Beringin Terbesar di Dunia, Saking Besarnya Sampai Membentuk Hutan Sendiri

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya