Virus Corona Terus Mewabah di Berbagai Negara, Presiden Tiongkok Telepon Presiden Jokowi: Tiongkok dan Indonesia akan Bekerja sama untuk Memeranginya

Kamis, 13 Februari 2020 | 15:35
(Biro pers setpres)

Presiden Jokowi saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden China Xi Jinping di sela acara KTT G20 pada Jumat (28/6/2019) malam.

GridHype.ID - Merebaknya virus corona, membuat kekhawatiran banyak pihak.

Ditengah kekhawatairan itu, Presiden Tiongkok,Xi Jinping melakukan tindakan untuk membuat suasana lebih kondusif.

Pemimpin negeri tirai bambu itu rupanya secara khusus menelepon Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca Juga: Jangan Lagi Mandi dengan Air Panas, Ahli Ungkap Dampak Fatal ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Kita

Panggilan telepon itu rupanya untuk mengekspresikan kepercayaan dirinya memenangkan 'pertarungan' dengan virus corona yang tengah mewabah saat ini.

Melansir Xinhua, pembicaraan ini dilakukan pada Selasa (11/2/2020) malam.

Selain itu, Xi Jinping juga percaya bahwa dirinya dapat mencapai tujuan ekonomi dan pembangunan sosial di tengah wabah virus corona.

Xi mencatat bahwa pada saat yang genting seperti ini, ketika Tiongkok tengah bertarung melawan epidemi virus corona, percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo mencerminkan persahabatan dengan Indonesia dan dukungan terhadap Tiongkok sebagai mitra strategis yang komprehensif.

Ia juga mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh teman-teman Indonesia.

"Tiongkok dan Indonesia, keduanya merupakan negara berkembang yang besar, harus bergandengan tangan memikul tanggungjawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru," kata Xi.

Menurut Xi, Tiongkok siap untuk terus melanjutkan persahabatan baik dengan Indonesia.

Pihaknya juga akan terus memperdalam sinergi dari strategi pembangunan, serta mengimplementasikan bersama proyek-proyek utama pada konstruksi.

Baca Juga: 3 Manfaat Mencampurkan Shampo dengan Garam Sebelum Keramas

Prioritas utama Pemerintah Tiongkok

Di sisi lain, Xi menekankan bahwa memerangi epidemi virus corona ini adalah prioritas utama pemerintah Tiongkok saat ini.

Tiongkok akan meneruskan penguatan kerja sama dalam pencegahan dan pengendalian epidemi dengan Indonesia dan negara-negara lainnya.

Selain itu, Xi mengungkapkan bahwa Tiongkok akan menjalankan upaya-upaya tersebut dengan terbuka dan transparan untuk menjaga keamanan kesehatan publik regional dan global.

Ia menekankan bahwa Tiongkok akan terus menjaga dengan baik warga negara asing yang berada di Tiongkok, termasuk WNI (Warga Negara Indonesia), sebagaimana mereka memperlakukan warga negaranya sendiri.

Kolase BBC dan Mirror
Kolase BBC dan Mirror

Presiden China Xi Jinping dan Perawat rumah sakit China.

Pernyataan Xi Jinping tentang teman sejati Presiden Tiongkok ini juga menyebutkan pernyataan tentang makna teman sejati.

"Teman yang ada saat dibutuhkan adalah teman sejati," kata Xi.

Sejak epidemi terjadi, negara-negara tetangga dari Tiongkok, termasuk Indonesia, dinilai telah memberikan dukungan yang berharga kepada Tiongkok dalam berbagai cara.

Xi mengungkapkan harapannya bahwa negara-negara regional akan bekerja keras untuk mempertahankan kerjasama bilateral sembari mengambil langkah-langkah yang tepat dalam pencegahan dan pengendalian epidemi.

Baca Juga: Pamer Isi Saldo dan Tulis Caption Nyeleneh, Penjual Masker Ini Dihujat Netizen

Tanggapan Jokowi

Presiden Jokowi menyatakan simpatinya terhadap pemerintah Tiongkok dan masyarakatnya terkait epidemi yang terjadi di sana, mewakili pemerintah dan masyarakat Indonesia.

"Pada waktu yang sulit ini, ketika Tiongkok tengah bertarung melawan wabah, Indonesia, sebagai mitra Tiongkok akan selalu berdiri teguh untuk masyarakat Tiongkok dan bekerja sama untuk mampu meraih 'kemenangan' dalam melawan epidemi ini sesegera mungkin," kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, Indonesia telah menyediakan sejumlah peralatan medis ke Tiongkok.

Selain itu, ia menambahkan bahwa Indonesia siap menawarkan bantuan yang diperlukan dalam menanggapi kebutuhan dari pihak Tiongkok.

Jokowi menyatakan bahwa persahabatan Indonesia-Tiongkok akan menjadi semakin dalam dan hubungan bilateral akan meningkat ke jenjang yang lebih tinggi setelah ujian dari wabah epidemi ini.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Telepon Presiden Jokowi, Presiden China Yakinkan Mampu Atasi Virus Corona"

Editor : Ruhil Yumna

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya