Sering Ditanam di Rumah, Siapa Sangka Tanaman ini Ternyata Berbahaya dan Sudah Menelan Korban

Rabu, 13 November 2019 | 16:15
Miracle-Gro

Sering Ditanam di Dalam Rumah, Siapa Sangaka Bunga Bahagia ini Justru Berbahaya dan Menelan Korban!

Gridhype.id– Postingan seorang pengguna facebook mengenai tanaman beracun yang menelan korban sempat menghebohkan jagat maya beberapa waktu lalu.

Melansir World of Buzz Rabu (13/10/2019), seorang pengguna Facebook membagikan postingan di mana anaknya mengalami hal mengerikanakibat tanamanDieffenbachia, atau yang biasa dikenal sebagai bunga bahagia.

Tanaman ini memang kerap kita jumpai sebagai tanaman hias di dalam rumah.

Namun, siapa sangka jika tanaman ini juga merupakan tanaman yang cukup berbahaya.

Baca Juga: Rupanya Bukan Mie Ataupun Bumbu dari Mie Instan, Melainkan Hal ini yang Jadi Pemicu Sel Kanker

Pengguna Facebook yang tidak disebutkan namanya ini mengatakan, putrinya bernama Nashwa secara tidak sengaja menggigit salah satu tanaman hias ini.

Awalnya, dia tidak begitu khawatir sampai suatu hal buruk terjadi, ternyata tanaman ini tergolong salah satu tanaman beracun.

Sialnya, pada saat itu Nashwa yang masih berusia 4 tahun sendirian sementara sang ibu masih mengurus anaknya yang lebih kecil.

Kemudian Nashwa datang sambil berlari sambil menangis, ibunya memeriksa apakah anaknya memiliki luka memar, namun tidak ditemukan luka apapun.

Awalnya, putrinya ini tidak mau menceritakan kejadian sebenarnya namun setelah dibujuk dia menceritakan semuanya bahwa dia menggigit salah satu tanaman di sekitar rumah.

Baca Juga: Kisah Pria yang Harus Kenakan Topeng Seumur Hidupnya, Jika Tidak Hal Buruk ini Justru Terjadi Padanya

Kolase/World of Buzz
Kolase/World of Buzz

Bocah ini alami hal mengerikan setelah menggigit tanaman bunga bahagia ini.

Ibu yang khawatir menemukan bahwa tanaman bunga bahagia ini memiliki kandungan kristal kalsium oksalat yang berbentuk jarum atau disebut dengan raphides.

Ketika dikunyah, getah dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan termasuk mati rasa, iritasi mulut, air liur yang berlebihan dan pembengkakan.

Dengan terisak tangis, Naswa menutup mulutnya kemudian kejang, dan mengeluarkan air liur tak terkendali.

Ibunya segera membawanya ke rumah sakit, kemudian dokter segera memberikan pertolongan darurat, dia mengatakan beruntung Nashwa tidak menelannya.

Baca Juga: Meski Dilarang Mandi, Wanita di Suku ini Justru Jadi Wanita Tercantik di Benua Tersebut, Ternyata Karena Hal ini

Karena jika dilakukan itu akan menyebabkan saluran napasnya tersumbat.

Dokter meresepkan obat dan pil untuk gadis kecil ini, kemudian selang beberapa waktu dia sembuh.

Kemudian, ibu Nashwa memperingatkan kepada orang tua di luar sana untuk berhati-hati jika memiliki tanaman ini.

Meski mudah dirawat, getah pada tanaman ini cukup berbahaya dan beracun, jauhkan jika Kamu memiliki anak-anak ataupun hewan peliharaan di rumah.

Dikutip Waffles At Non Perpustakaan Kedokteran Nasional AS dan Institut Kesehatan Nasional yang didedikasikan untuk keracunan Dieffenbachia.

Menjelaskan makan tanaman dapat menyebabkan keracunan karena adanya asam oksalat dan protein Asparagine di dalam tanaman.

Seperti disebutkan di atas, penanganan Dieffenbachia dapat mengiritasi kulit, dan mata juga dapat terpengaruh jika digosok oleh area kulit yang telah bersentuhan dengan tanaman. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul,“Sering Ditanam Orang Indonesia, 'Bunga Bahagia' Ini Ternyata Amat Berbahaya, Gadis Ini Jadi Korbannya”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya