Suami Puan Maharani Bukan Orang Sembarangan, ini Dia Sejumlah Kerajaan Bisnisnya yang Jadi Pabrik Uang Menantu Megawati

Rabu, 02 Oktober 2019 | 08:00
Kolase Gridhype.id

Suami Puan Maharani Bukan Orang Sembarangan, ini Dia Sejumlah Kerajaan Bisnisnya yang Jadi Pabrik Uang Menantu Megawati

Gridhype.id – Putri dari presiden ke-5 Idonesia, Puan Maharani resmi menjabat sebagai Ketua DPR periode 2019-2024.

PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019 dan jatah kursi Ketua DPR RI milik partai yang dipimpin mantan Presiden RI kelima sekaligus ibunda Puan Maharani, Megawati Soekarnoputri.

Puan Maharani merupakan sosok peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 di antara 575 legislator terpilih.

Suaranya yang diraup dari daerah pemilihan Jawa Tengah V (Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukaharjo, dan Kota Solo) itu mencapai 404.034.

Baca Juga: Setelah 74 Tahun, Puan Maharani Jadi Wanita Pertama yang Duduki Jabatan Ketua DPR RI

Sudah 3 kali Puan Maharani terpilih menjadi anggota DPR RI dan setia di Dapil Jawa Tengah V.

Pada Pemilu 2009, dia menjadi peraih suara terbanyak kedua di tingkat nasional yaitu 242.504 suara.

Pada Pemilu 2014, dia menjadi peraih suara terbanyak kedua lagi, namun angkanya meningkat menjadi 369.927 suara.

Saat duduk sebagai anggota DPR periode tahun 2009 - 2014, Puan Maharani menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI.

Lalu, pada periode tahun 2014 - 2019, dia tak lama duduk di DPR sebab diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Kerja.

Di antara 3 bersaudara tiri, hanya Puan Maharani yang menjadi legislator dan duduk di kabinet.

Baca Juga: Suaminya Terbaring Lemah Akibat Paru-Paru Kronis Selama 14 Tahun, Perjuangan Sang Istri yang Dorong Troli ke Rumah Sakit Viral!

Sosok Puan Maharani dari Kecil hingga Dewasa

Saat masa kanak-kanak, Puan Maharani menjalani kehidupan secara normal walaupun sebagai cucu dari sang Proklamator Bung Karno.

Persinggungan pertama Puan Maharani dengan politik adalah saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) ketika ibunya Megawati Soekarnoputri mulai aktif kembali dalam kancah perpolitikan Indonesia.

Di kala itu Megawati Soekarnoputri mulai sering berkeliling Indonesia dan Puan Maharani kecil mulai menyaksikan bagaimana seorang politisi bekerja.

Beranjak ke masa Sekolah Menengah Atas ( SMA ), Puan Maharani mulai mendampingi dan menyaksikan langsung ibunya dalam kegiatan politik.

Bahkan Puan Maharani pernah menyaksikan ketika ibunya dikonfrontir langsung oleh utusan penguasa yang melarang ia masuk dalam struktur PDI.

Baca Juga: Kepergok Sedang Mesum, Janda Satu Anak ini Mengaku Dirudapaksa 8 Pria, Namun Polisi Temukan Kejanggalan Saat Petugas Memotretnya

Di situ Puan Maharani belajar bagaimana secara tenang menghadapi tekanan politik dan tetap berpegang teguh pada perjuangan.

Masa kuliah Puan Maharani di Jurusan Komunikasi Massa, Fisip Universitas Indonesia berlangsung normal seperti mahasiswi lainnya.

Puan Maharani juga berkesempatan magang di majalah Forum Keadilan dan merasakan tantangan dunia jurnalistik seperti mencari narasumber dan kesibukan di kantor menjelang naik cetak.

Setelah itu, Puan Maharani terus mendampingi, menyaksikan dan belajar dari ibunya melalui berbagai peristiwa politik yang melahirkan PDI Perjuangan.

Begitu juga saat para aktivis dan pejuang reformasi berkumpul di rumah Kebagusan, Puan Maharani ada di situ mendengar berbagai pembicaraan mereka termasuk membantu di dapur umum.

Waktu terus bergulir dan Puan Maharani selain turut menjalankan usaha keluarga juga terus mendampingi Megawati Soekarnoputri dalam berbagai acara politik, termasuk saat lahirnya PDI Perjuangan.

Beberapa kali Puan Maharani diajak untuk mulai benar-benar terjun ke dunia politik tapi dia merasa belum waktunya karena kedua anaknya masih perlu didampingi orangtuanya.

Baca Juga: Rekrutmen CPNS 2019 Buka 197.111 Formasi, Ada Formasi Untuk Usia 40 Tahun Juga, Berikut Perinciannya

Suami dan "Pabrik Uang" atau Kerajaan Bisnisnya

Puan Maharani merupakan ibu dari 2 anak, yakni Praba Diwangkara Caraka Putra Soma dan Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari, sekaligus suami dari Hapsoro Sukmonohadi atau lebih populer dikenal Happy Hapsoro.

Tribunnews
Tribunnews

Pernikahan Puan Maharani dengan Happy Hapsoro.

Dia adalah putra pengusaha property dan jasa forwarding Bambang Sukmonohadi.

Perusahaan milik besan Megawati Soekarnoputri itulah yang membangun kondominium di kawasan bekas Bandara Kemayoran, Jakarta Pusat, bernama Blossom Residence.

Kedekatannya dengan kekuasaan membuat Bambang Sukmonohadi dan Happy Hapsoro pernah terkait dengan proyek pengadaan jet tempur Sukhoi asal Rusia.

Proyek tersebut pun sempat diributkan di DPR RI

Happy Hapsoro juga menggeluti bisnis minyak dan gas bumi serta memiliki perusahaan bernama Odira Energy Persada.

Pada perusahaan itu, dia menduduki kursi komisaris.

Perusahaan lain dikelola ayah dari Diah POP Hapsari dan Praba DCK Soma adalah operator hotel jaringan merek Red Planet, PT Red Planet Indonesia Tbk dan PT Pusako Tarinka Tbk.

Pada perusahaan itu, dia menduduki kursi presiden komisaris.

Baca Juga: Resmi Jadi Anggota DPR, Siapa Sangka Kekayaan Krisdayanti MencapaiRp271 Miliar

(EGLOBALTRAVELMEDIA.COM.AU)
(EGLOBALTRAVELMEDIA.COM.AU)

Happy Hapsoro

Data dari Reuters, Happy juga pernah menduduki kursi Presiden Direktur PT Odira Energy Buana, Komisaris PT Prima Utama Mandiri, Direktur PT Vetira Prima Perkasa, Presiden Komisaris PT Rukun Raharja Tbk (penyedia jasa pelabuhan, operator pelabuhan di Bitung, penyuplai gas ke PLN, dan saham).

Juga Komisaris PT Meteor Mitra Mandiri, Direktur PT Pink Sport Indonesia, dan Presiden Komisaris PT Triguna Internusa Pratama (anak usaha PT Rukun Raharja Tbk).

PT Rukun Raharja Tbk sempat menjadi sorotan investor.

Karena dekat dengan pemerintahan saat ini, harga sahamnya naik hampir 3 kali lipat.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjambi.com dengan judul “Sosok Suami Puan Maharani Tidak Pernah Terekspose Media, Ini Pabrik Uang Menantu dari Megawati Itu”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : tribunnews

Baca Lainnya