Bakar Istri Hidup-Hidup Hingga Memasak Mayat, ini 4 Ritual Kematian Paling Mengerikan

Senin, 02 September 2019 | 09:15
Tribun Travel

Bakar Istri Hidup-Hidup Hingga Memasak Mayat, ini 4 Ritual Kematian Paling Mengerikan

Gridhype.ID – Kematian adalah suatu hal yang pasti akan dialami oleh setiap mahklik hidup.

Dibeberapa negara, kematian juga dipandang sebagai sebuah ritual.

Sementara pada umumnya ketika seseorang meninggal dunia maka keluarganya akan menguburkannya, ada pula ritual kematian aneh yang dilakukan beberapa suku di dunia.

Berikut 4 ritual kematian yang tak biasa, dilansir dari Toptenz.

Baca Juga: Bukannya Meneteskan Obat Mata Pria ini Justru Meneteskan Lem Pada Matanya, Begini Kondisinya Sekarang

  1. Sati
Toptenz
Toptenz

Ilustrasi ritual Sati

Sati adalah ritual membakar seorang wanita yang ditinggal mati suaminya di atas tumpukan kayu.

Dimulai pada zaman kuno, beberapa insiden telah terjadi di era modern meskipun dilarang.

Praktik ini terjadi di beberapa bagian India, di mana ia membentuk bagian dari ritual Hindu tertentu untuk menghormati Dewi Sati.

Setelah kematian suaminya, seorang wanita yang melakukan Sati akan membakar dirinya sendiri sampai mati, dikremasi hidup-hidup dengan suaminya yang sudah meninggal.

Sati tidak selalu melibatkan api, dengan versi alternatif lain ditenggelamkan atau dikubur hidup-hidup.

Baca Juga: Viral Kisah KKN di Desa Penari: Raditya Dika Unggah Video Klarifikasi Hingga 4 Tempat ini Diduga Jadi Lokasi Desa Penari

Sati sebenarnya ilegal di India, namun ritual ini diketahui masih terjadi secara sembunyi-sembunyi, kadang-kadang bertentangan dengan keinginan korban, dan kadang-kadang secara sukarela sebagai tindakan bunuh diri pengabdian pascakematian.

Sati bukan hanya tentang menghormati suami.

Pengorbanan diri dianggap oleh beberapa orang sebagai cara untuk melarikan diri dari karma buruk dan menerima kebebasan dari perilaku berdosa.

Orang yang melakukan Sati tidak dianggap melakukan bunuh diri -yang dipandang negatif di seluruh Hindu- tetapi dianggap sebagai tindakan yang benar.

Baca Juga: 60 Tahun Sembunyikan Pekerjaannya, Istri dan Anak Terkejut Ketika Pemerintah Ungkap Identitas Lelaki ini

  1. Ritual Kematian Suku Aborigin
Toptenz
Toptenz

Suku Aborigin

Warga Aborigin Australia tidak membentuk satu kelompok homogen tunggal, melainkan membentuk berbagai budaya, masing-masing dengan ritual kematian yang berbeda.

Orang-orang Maranoa melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kremasi.

Alih-alih mengumpulkan abu, mereka justru akan 'mengenang' orang yang meninggal dengan memasak mayatnya dan kemudian mengumpulkan cairan tubuh.

Cairan tubuh ini kemudian digosokkan ke kulit pemuda pria suku itu untuk mendapatkan kekuatan.

Anggota suku Aborigin Australia lainnya dikenal untuk terus mengingat seorang kerabat dekat dengan mengambil tengkorak mereka dan menggunakannya sebagai wadah minuman.

Masing-masing hirupan dari wadah tersebut menawarkan kesempatan untuk mengingat yang sudah meninggal.

Kelompok Aborigin lain telah terlibat dalam penempatan ornamen rumit pada tubuh almarhum.

Lokasi termasuk Miriam Vale di mana tubuh dikeringkan, dibiarkan kering di bawah sinar matahari dan kemudian ditempatkan di celah pohon liar untuk mengingat dan menghubungkan kembali dengan dunia spiritual melalui alam.

Baca Juga: Nikahi Janda Kaya Raya, Ajun Perwira Kini Tinggal di Rumah Mewah 21 Kavling, Ada Sofa di Kamar Mandi Sampai Punya Lantai Kaca Anti Peluru

  1. Dia De Los Muertos
NMSU Round Up
NMSU Round Up

Dia De Los Muertos

Meksiko dikenal karena keragaman tradisi dan takhayul yang sangat besar yang timbul dari perpaduan kepercayaan tradisional dengan Katolik Roma.

Sesuai dengan masyarakat yang dikenal dengan perayaannya yang menarik, kematian tidak dijauhi atau dihindari, seperti dalam kebanyakan budaya yang menyikapi kematian dengan cara yang suram.

Kematian seseorang di Meksiko justru diberitakan dalam perayaan yang riuh dan penuh warna yang terkait dengan acara Día De Los Muertos - secara harfiah “Day of the Dead.”

Kostum norak namun mengerikan terlihat seperti pesta Halloween.

Lebih jauh, tradisi ini dibedakan dengan memamerkan tengkorak yang tak terhitung jumlahnya dan ornamen bertema kerangka, topeng, dan pajangan dengan segala cara.

Budaya asli Meksiko termasuk suku Aztec dan Toltec melihat berkabung sebagai perilaku yang tidak sopan, sebaliknya percaya bahwa merayakan orang yang meninggal bukan hanya cara untuk menghormati mereka tetapi juga mengembalikan orang yang meninggal ke Bumi untuk sementara waktu.

Kematian dilihat secara tradisional sebagai langkah dalam perjalanan panjang, bukan akhir dari keberadaan jiwa.

Baca Juga: Alami Kejadian Mistis, Ifan Seventeen Akui Pernah Manggung Ditonton Puluhan Ribu Makhluk Halus dan Bertemu Wanita Berwajah Rata

  1. Ritual Pemakaman di Pohon Suku Caviteno
Toptenz
Toptenz

Ritual kematian orang-orang Caviteno, Filipina

Filipina adalah tempat yang sangat beragam secara budaya, dan dengan keragaman itu muncul beberapa ritual kematian dan kebiasaan memorial yang agak aneh.

Orang-orang Caviteño mengintegrasikan penuaan, semacam pengasingan sebagian, dan akhirnya kematian dan penguburan menjadi kebiasaan berbasis hutan.

Ketika seseorang mencapai titik mendekati kematian, baik berdasarkan usia atau penyakit, orang yang sekarat akan memilih sebuah pohon.

Selanjutnya, keluarga mereka membangun gubuk kecil di samping pohon tersebut, di mana mereka akan hidup sampai mati.

Setelah mati, orang tersebut tidak hanya dimakamkan di hutan, yang akan memberi makan pohon.

Sebagai gantinya, mayat itu diletakkan di dalam pohon, yang masih berdiri tetapi telah dilubangi oleh keluarga orang mati.

Hidup di samping pohon di hari-hari terakhir mereka dan akhirnya ditempatkan di pohon menunjukkan rasa hormat bagaimana pohon memberi kehidupan, menyediakan kayu dan buah, dengan menjadi bagian dari pohon. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,“4 Ritual Kematian yang Aneh, Bakar Istri Hidup-hidup hingga Rayakan Kematian dengan Sukacita”

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : intisari online

Baca Lainnya