Berikut Adalah 10 Tanda Masalah Kesehatan Pada Kaki, Perhatikan

Selasa, 19 Desember 2023 | 17:49
Kolase Gridhype.id

10 Tanda Pada Kaki ini Bisa Tunjukkan Masalah Kesehatan Serius, Mulai dari Diabetes Hingga Jantung!

Gridhype.id – Tak banyak yang menyadari jika beberapa perubahan pada kaki kita bisa menjadi pertanda masalah kesehatan serius yang kita alami loh.

Diantarnya seperti diabetes, penyakit tiroid, dan penyakit jantung.

Sekali lagi, perhatikan kaki Kamu! Kalau Kamu menemukan kaki Kamu dengan tanda seperti berikut ini, berarti ada masalah serius dalam tubuh Kamu.

Kaki kering dan bersisik

Bisa jadi, masalah tiroid, apalagi jika pelembab tidak membantu kaki Kamu tidak kering dan bersisik lagi.

Ketika kelenjar tiroid (kelenjar berbentuk kupu-kupu di pangkal leher) bergerak ke atas, tidak menghasilkan hormon tiroid, yang mengontrol laju metabolisme, tekanan darah, pertumbuhan jaringan, dan pengembangan sistem kerangka dan saraf.

Masalah tiroid menyebabkan kekeringan parah pada kulit, jelas Marlene Reid, DPM, spesialis kaki di Naperville Illinois, seperti dilansir dari laman Reader’s Digest.

Ketika kita melihat retak pada kaki, atau jika pelembab tidak menghilangkan kekeringan selama beberapa hari, biasa pasien dirujuk ke dokter untuk memastikan tiroid mereka baik-baik saja.

Kuku jari yang rapuh juga bisa menandakan komplikasi tiroid.

Baca Juga: Hati-Hati, Ternyata Rasa Stres Bisa Memicu Penyakit Diabetes

Jari kaki botak

Bisa jadi, penyakit arteri. Jika bulu pada jari-jari kaki Kamu tiba-tiba menghilang, itu bisa menandakan sirkulasi darah yang buruk yang disebabkan oleh penyakit arteri perifer (PAD).

Penyakit ini dapat mencakup penurunan pertumbuhan rambut di kaki dan pergelangan kaki, jari kaki keunguan, dan kulit tipis atau mengkilap, jelas Suzanne Fuchs, DPM, seorang ahli bedah podiatrik di North Shore University Hospital di New York.

Penumpukan plak di arteri kaki, PAD mempengaruhi sekitar 8 juta orang Amerika. Gejalanya halus, tetapi dokter dapat memeriksa denyut nadi yang sehat di kaki atau melihat PAD pada X-ray.

“Jika saya melakukan rontgen pada kaki yang patah, dan saya melihat pengerasan pembuluh darah, 99 persen dari waktu, hal yang sama terjadi pada pembuluh darah jantung,” kata Gary A. Pichney, DPM, seorang podiatri ahli bedah dari Institut Rekonstruksi Kaki dan Pergelangan Kaki di Mercy Medical Center.

Bisul di kaki yang tidak kunjung sembuh

Bisa jadi, diabetes. Kadar glukosa yang tidak terkontrol dapat merusak saraf dan menyebabkan sirkulasi yang buruk, sehingga darah tidak mencapai kaki.

Ketika darah tidak sampai ke luka yang disebabkan oleh, misalnya, sepatu yang mengiritasi, kulit tidak sembuh dengan baik.

Banyak penderita diabetes didiagnosis lebih dulu karena masalh kaki. Tanda-tanda lain dari diabetes mungkin termasuk kesemutan atau mati rasa pada kaki.

Tanyakan pada dokter tentang tes kadar gula darah Kamu.

Jempol kaki yang membesar dan menyakitkan

Bisa jadi, apa yang Kamu makan. Kamu penikmat anggur dan steak? Akibat yang menyakitkan bisa berupa gout, sejenis radang sendi yang biasanya menyerang sendi jempol kaki.

Makanan tinggi purin, senyawa kimia yang ditemukan pada daging merah, ikan, dan alkohol tertentu, dapat memicu serangan dengan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Asam urat biasanya diekskresikan melalui urin, tetapi diproduksi berlebihan atau kurang diekskresikan pada beberapa orang.

Akibatnya, ada pengendapan asam urat di persendian, paling umum jempol kaki atau pergelangan kaki.

Pasien biasanya bangun dengan persendian yang kreas, merah, dan bengkak. Ini sangat menyakitkan.

Dokter biasanya meresepkan obat anti-inflamasi untuk jangka pendek dan menyarankan diet rendah purin untuk pencegahan jangka panjang.

Ada garis merah di bawah kuku kaki

Bisa jadi, infeksi jantung. Garis-garis merah di bawah kuku kaki atau kuku tangan bisa menjadi pembuluh darah pecah yang dikenal sebagai perdarahan serpihan.

Ini terjadi ketika gumpalan darah kecil merusak kapiler kecil di bawah kuku. Mereka dapat menandakan endokarditis, infeksi lapisan dalam jantung.

Orang yang memiliki masalah dengan jantung, telah menerima alat pacu jantung, atau memiliki sistem kekebalan kronis (seperti pasien kanker yagn menerima kemoterapi, pasien HIV, dan pasien diabetes) berisiko lebih tinggi terkena endokarditis.

Infeksi dapat menyebabkan gagal jantung jika tidak diobati. Jika Kamu melihat perdarahan serpihan pada kuku jari kaki atau kuku tangan, dan belum pernah mengalami trauma pada kuku, segera temui dokter untuk memeriksa sirkulasi jantung dan darah Kamu.

Baca Juga: Kabar Gembira, Ternyata Air Rebusan Daun Kersen Bisa Sembuhkan Diabetes

Jari tabuh

Bisa jadi, kanker paru-paru atau penyakit jantung. Gejala lain yang muncul di jari kaki dan jari tangan, jari tabuh sering dikaitkan dengan kanker paru-paru, infeksi paru-paru kronis, penyakit jantung, atau penyakit usus.

Kanker paru-paru dan penyakit jantung menurunkan resistensi pembuluh darah, yang berarti aliran darah ke arteri kecil di kuku dan ujung jari akan meningkat.

Jaringan membengkak dan menghasilkan penampilan “dipukul” (jari tangan dan jari kaki yang lebih lebar).

Meskipun Kamu biasanya sadar bahwa mereka memiliki penyakit yang menyebabkan jari tabuh, yang terbaik adalah memeriksakan diri pada dokter bila Kamu melihat ada yang tidak normal.

Kuku kaki beradu

Bisa jadi, psoriasis. Jika Kamu menemukan lubang kecil, lekukan, atau tonjolan di kuku kaki, Kamu mungkin menderita psoriasis kaki.

Meskipun kebanyakan orang yang mengalami psoriasis kuku juga memiliki psoriasis kulit (penyakit autoimun yang membuat kulit tidak rasa dan teriritasi), 5 orang dengan psoriasis kuku tidak terpengaruh di tempat lain.

Gejala lain termasuk bercak putih dan garis horisontal di kuku. Untuk mengobati psoriasis, dokter mungkin meresepkan krim topikal atau steroid untuk disuntikkan di bawah kuku.

Kuku sendok

Bisa jadi, anemia atau lupus. Apakah Kamu mengalami depresi di kuku kaki yang cukup dalam untuk menahan tetesan air?

Juga dikenal sebagai koilonychias, kuku jari kaki berbentuk sendok atau dapat menunjukkan kekurangan zat besi, serta hemochromatosis (kelebihan produksi zat besi), penyakit Raynaud (yagn mempengaruhi pasokan darah ke jari tangan dan kaki), dan kadang-kadang lupus (penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel, jaringan, dan organ).

Kuku sendok kadang-kadang muncul pada bayi, tetapi normal dalam beberapa tahun pertama kehidupan.

Jika Kamu melihat kaki Kamu demikian, hubungi dokter, yang akan melakukan tes darah untuk mengidentifikasi penyebab pastinya.

Garis lurus di bawah kuku kaki

Bisa jadi, kanker kulit. Garis gelap dan vertikal di bawah kuku bisa berupa melanoma acral lentiginous, atau melanoma tersembunyi, suatu bentuk kanker kulit yang muncul pada bagian tubuh yang tidak jelas.

Terdapat garis hitam dari pangkal kuku ke ujung kuku. Ini harus dilihat oleh ahli penyakit kaki atau dokter kulit, untuk memastikan bahwa itu bukan jamur, yang biasanya berwarna kuning kecokelatan dan sporadis di seluruh kuku.

Lengkungan yang tiba-tiba tinggi

Bisa jadi, kerusakan saraf. Sebagian besar kaki melengkung dikaitkan dengan beberapa bentuk kondisi neuromuskuler yang mendasarinya.

Jika seseorang mengalami penipisan otot-otot lengkung di kaki, itu bisa menjadi indikasi kondisi neurologis yang disebut Charcot-Marie-Tooth (CMT).

Kelainan bawaan yang merusak saraf perifer (yang di luar otak dan kabel tulang belakang) CMT juga dapat menyebabkan perubahan dalam gaya berjalan, mati rasa di kaki, kesulitan menyeimbangkan, kehilangan otot di bagian bawah dan kemudian, gejala yang sama di lengan dan tangan.

Nah, segera temui dokter jika Kamu melihat kelainan pada kaki Kamu. Untuk apa pun yang berbeda atau berubah mengenai kaki, segera temui ahli penyakit kaki segera.

Baca Juga: Begini Cara Cepat dan Aman Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Simak

(*)

Editor : optimization

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya